Learn Science With Ilmusiana

Bukan Uang atau Kemewahan. Inilah Hadiah Terbaik untuk Ibu...!!!

loading...
Advertisement



Sudah seharusnya, orang yang paling dimuliakan dalam hidup kita adalah ibu, beliaulah orang yang sangat berjasa sepanjang kehidupan kita. Hal tersebut sejalan dengan sabda Rasulullah SAW saat menjawab pertanyaan seorang pemuda tentang siapa yang penting diutamakan dan dimuliakan di antara kedua orang tuanya. 

Rasulullah Muhammad SAW menjawab pertanyaan pemuda tersebut dengan menyebut kata ibu sebanyak tiga kali, sedangkan Ayah disebut satu kali. Berikut ini sabda Rasulullah Saw:
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau memaparkan, "Telah datang seorang pemuda kepada Rasulullah Saw dan berkata, 'Wahai Rasul Allah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Rasulullah menjawab, 'Ibumu!' Dan pemuda tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Rasulullah menjawab, 'Ibumu!' Pemuda tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu'. Pemuda tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Rasulullah menjawab, 'Kemudian ayahmu'.
Ibu yang memiliki jasa begitu besar kepada kita, maka menjadi keharusan bagi kita untuk mengabdikan diri kepadanya. Selama ini banyak yang salah kaprah bahwa untuk menyenangkan ibu haruslah dengan jalan memberikan hadiah mewah dan berharga mahal. Hal tersebut tidak selalu benar adanya. Jadi, apakah hadiah terbaik yang pantas diberikan untuk Ibu?

Hadiah Terbaik untuk Ibu

Tentu saja, ada beragam pilihan hadiah terindah yang bisa diberikan kepada ibu. Namun, hadiah terbaik untuk ibu adalah hadiah yang pernah disebutkan oleh Rasulullah Muhammad Saw dalam sabdanya berikut ini:
"Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya." (HR Muslim)
Ternyata hadiah terbaik yang bisa diberikan kepada orang tua kita khususnya Ibu sesuai dengan yang disebutkan hadist di atas adalah dengan sedekah jariyah dan menjadi anak yang sholeh.

Kita sebagai anaknya, dapat melakukan sedekah jariyah atas namanya.  Dengan sedekah tersebut, kita sudah memberikan hadiah terbaik untuk ibu. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah yang pernah diriwayatkan dalam sebuah hadist:
"Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw dan berkata, "Ibu saya meninggal tiba-tiba, dan saya yakit seandainya dia bisa bicara, dia bersedakah. Bolehkah saya bersedekah atas namanya?". Rasulullah Saw menjawab: "Ya, boleh, bersedekah atas namanya." (HR. Bukhari dan Muslim)
Hadiah terbaik selanjutnya untuk ibu adalah menjadi anak sholeh. Sesuai dengan keterangan hadist, salah satu ciri anak sholeh adalah anak yang rajin mendoakan kedua orangtuanya.

Anak yang sejak kecil sudah terbiasa melakukan kebaikan, pasti akan menjadi anak yang sholeh. Hal ini menjadi mutiara terindah bagi seorang Ibu jika bisa memiliki anak yang sholeh. Ibu akan sangat bahagia jika anaknya rajin melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. Maka, kita sebagai anak harus berusaha untuk menjadi seperti yang diharapkan ibu.

Singkatnya, anak yang sholeh adalah anak yang selalu taat menjalankan perintah Allah Swt, menjauhi segala larangan, gemar melaksanakan kebaikan, dan yang terpenting adalah selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Baca Juga:
Dari semua uraian di atas, maka teranglah bahwa hadiah terbaik yang bisa diberikan kepada ibu bukan berbentuk materi saja. Alasannya tidak lain adalah materi tersebut hanya akan digunakan saat di dunia saja. Sementara hadiah terbaik berupa sedekah jariyah atas nama ibu akan berguna sampai di akhirat nanti. Begitupun dengan doa yang selalu dikirimkan kepadanya.

hadiah terbaik untuk ibu

Lewat paparan ini, kita berharap semoga kita selalu bisa memberikan hadiah terbaik untuk Ibu. Anjuran dalam beberapa hadist di atas sudah sangat jelas, dan memang itulah yang terbaik yang harus diberikan kepada ibu kita.

0 komentar:

Post a Comment