Learn Science With Ilmusiana

Mengenal Pencipta Lagu Garuda Pancasila

Advertisement


loading...

Tahukah Anda siapa pencipta lagu wajib garuda Pancasila? Kita semua pasti tahu lagu wajib yang satu ini. Lagu Garuda Pancasila seringkali dinyanyikan pada acara-acara resmi kenegaraan, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh masyarakat. .Lirik lagu yang bercerita tentang kesetiaan seluruh Rakyat Indonesia kepada Pancasila ini diciptakan oleh bapak Sudharnoto. Pria kelahiran Kendal, Jawa Tengah. Seorang komponis Indonesia yang banyak berjasa dalam bidang kesenian. Beliau beberapa kali menciptakan lagu-lagu yang dapat membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia.

Nah, pada kesempatan ini akan menceritakan kembali bagaimana kisah hidup dari pencipta lagu garuda pancasila ini.

Pencipta Lagu Garuda Pancasila, Sudharnoto

lagu Garuda Pancasila yang sering kita nyanyikan sekarang ini diciptakan oleh Sudharnoto, komponis kelahiran Kendal, Jawa Tengah 24 Oktober 1925. Beliau adalah seorang pencipta lagu dan musik yang sering digunakan untuk iringan film. Pendidikan tingginya diselesaikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Bakat musiknya mungkin menurun dari kedua orang tuanya yang juga gemar musik. Ayahnya sangat pandai bermain biola, gitar, dan seruling. Sedangkan, Ibunya sangat pandai memainkan akordeon.

Sudharnoto belajar piano, not balok, dan aransemen pada beberapa guru sekaligus, yaitu Jos Cleber, Maladi, Soetedjo, dan R.A. J. Soedjasmin. Selain sebagai seorang komponis, Sudharnoto juga dikenal sebagai seorang ilustrator untuk musik film. Meskipun berlatarbekalang dokter, namun Sudharnoto lebih dikenal sebagai seorang seniman pencipta lagu-lagu wajib nasional. Bersama dengan orkes pimpinan Maladi yang bernama Orkes Hawaiian Indonesia Muda, Sudharnoto ikut mengisi siaran RI Sala. Bahkan, beliau pernah bekerja di RRI pada tahun 1952 dengan menjabat sebagai kepala seksi musik dan menjadi pengisi acara di Hammond Organ Sudharnoto.

Sudharnoto sempat mendirikan Ansambel Gembira atau kelompok penyanyi istana bersama dengan para seniman RRI, Bintang Suradi, dan Titi Soebronto K Atmodjo. Pada zaman revolusi belum selesai, Sudharnoto dan group bentukannya itu bisa dikatakan menjadi bintang panggung. Namun, pasca peristiwa G30SPKI, semuanya berubah, dirinya kemudian dicampakkan karena aktivitasnya sebagai anggota LEKRA yang dianggap sebagai organisasi sayap PKI.

Setelah keluar dari RRI, Sudharnoto kemudian menjalani aktivitas sebagai penyalur es Petojo dan sempat menjadi sopir taksi. Pada tahun 1969. Sudharnoto kembali menjalani karirnya di bidang musik. Beliau bekerja sebagai pianis di restoran LCC dan Sangrilla. Belakangan, Sudharnoto bekerja sebagai pengurus makam Chairil Anwar dan Ismail Marzuki di TPU Karet. Pada saat Sudharnoto meninggal pada tahun 2000, ia juga dimakamkan ditempat itu.

Baca Juga:

Lagu-Lagu Ciptaan Sudharnoto

Mengenal Pencipta Lagu Garuda Pancasila

Berikut ini beberapa lagu yang pernah diciptakan oleh pencipta lagu Garuda Pancasila ini:
  • Bunga Sakura
  • Mars Taruna Bangsa
  • Keroncong Kewajiban Pemuda
  • Pantai Selatan
  • Gadis Gunung
  • Harum Bunga di Waktu Malam
  • Asmara Dewi
  • Senja Buta
  • Melati Pagi
  • Asia-Afrika Bersatu
  • Maju Sukarelawan
  • Garuda Pancasila (diubah tahun 1956)
Demikianlah uraian tentang Mengenal Pencipta Lagu Garuda Pancasila, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment