Learn Science With Ilmusiana

17+ Bagian Bagian Mata, Fungsi, dan Gambar (Terlengkap)

Advertisement


loading...

Bagian-bagian mata yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini terdiri dari 17 bagian penting yang dapat ditemukan pada mata manusia. Sebagaimana yang kita ketahui, mata adalah organ yang memegang peranan utama dalam sistem indera manusia, yaitu indera penglihatan. Benda-benda yang ada disekitar dapat dilihat dengan jelas karena adanya mata. Tidak hanya itu, indahnya dunia yang berwarna-warni dapat kita nikmati bersama atas bantuan mata karena mata juga dapat berfungsi untuk membedakan warna, terang atau gelap, dan masih banyak lagi fungsi dari mata. 

Mata dalam menjalankan fungsinya sebagai organ penglihatan merupakan hasil kolaborasi dari 17 bagian penting mata yang masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tahukah Anda semua bagian-bagian itu? Nah, berikut ini kami berikan pembahasan lengkap tentang bagian-bagian mata dan fungsinya. Kami juga akan melengkapinya dengan gambar agar Anda dapat memahaminya dengan lebih jelas. 

17 Bagian-bagian Mata dan Fungsinya

Seperti yang bisa kita baca pada judul pembahasan kali ini, sekurang-kurangnya terdapat 17 bagian pada mata yang memegang peranan penting dalam sistem penglihatan manusia. Bagian-bagian tersebut, yaitu kornea, iris, pupil, retina, lensa mata, bintik kuning, akomodasi otot, syaraf optik, bintik buta, aqueous humor, vitreous humor, sklera, kelopak mata, alis, bulu mata, dan kelenjar lakrima.

Fungsi Bagian-Bagian Mata

Nah, berikut ini penjelasan dari masing-masing bagian tersebut:

1. Kornea

Bagian pertama dari mata manusia adalah kornea atau korneos. Bagian ini terletak pada lapisan paling luar dari mata. Jika diperhatikan secara seksama, kornea adalah selaput bening yang memiliki sifat transparan (tembus pandang). Sel-sel penerima cahaya yang terletak di bagian dalam mata dapat menerima cahaya dengan baik karena struktur dari kornea ini yang memiliki sifat tembus pandang. Kornea memiliki dua fungsi utama, yaitu melindungi mata dari luar terhadap benda asing dan untuk melakukan aktivitas refraksi di lensa mata.

2. Pupil

Bagian kedua dari mata adalah pupil. Pupil terdiri dari sebuah celah atau lubang kecil yang terdapat pada mata. Pupil mata berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya yang masuk ke dalam mata. Pupil ini bersifat fleksibel, yaitu mampu mengecil dan membesar. Pupil akan mengecil jika cahaya yang datang intensitasnya terlalu besar. Sedangkan saat intensitas cahaya yang masuk ke mata redup maka pupil akan membesar. Jadi, pupil ini akan mengatur berapa cahaya yang dibutuhkan mata secara tepat.

3. Iris

Bagian mata yang ketiga adalah iris. Bagian ini memiliki kaitan erat dengan pupil karena fungsinya untuk mengatur besar kecilnya pupil. Bagian ini pula yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada mata. Misalnya, orang Eropa memiliki mata yang berwarna biru atau hijau, orang Asia yang memiliki mata yang berwarna hitam atau coklat, dan lain sebagainya.

4. Retina

Bagian mata yang keempat adalah retina. Bagian ini terletak pada bagian belakang bola mata yang terdiri dari lapisan tipis sel. Fungsi dari retina adalah untuk menangkap dan mengubah bayangan yang terbentuk oleh lensa mata menjadi sinyal saraf untuk dikirimkan ke otak. Retina adalah bagian mata yang sangat peka cahaya sebagai akibat dari terdapatnya 2 sel foto reseptor, yaitu cones dan rods.

5. Bintik Kuning

Bagian mata yang kelima adalah bintik kuning. Bagian ini menjadi bagian mata yang paling sensitif terhadap cahaya. Benda akan terlihat sangat jelas jika bayangannya tepat jatuh pada bagian ini. Sebaliknya, benda akan terlihat lamur jika bayangannya tidak tepat jatuh (sebelum atau sesudah) pada bintik kuning.

6. Bintik Buta

Bagian mata yang keenam adalah bintik buta. Bagian ini disebut juga dengan blind spot. Berbeda dengan bintik kuning, bagian ini tidak peka terhadap cahaya. Benda tidak akan terlihat oleh mata jika bayangannya tepat jatuh pada bintik buta.

7. Lensa Mata

Bagian mata yang ketujuh adalah lensa mata. Bagian ini memiliki fungsi untuk membentuk sebuah gambar dari benda. Gambar itulah yang kemudian diteruskan menuju retina. Lensa mata bersifat fleksibel, yaitu dapat menebal dan menipis tergantung dari jarak benda yang dilihat oleh mata. Lensa mata akan menipis jika jarak benda terlalu dekat dengan mata. Sebaliknya, lensa mata akan menebal jika benda terletak pada jarak yang jauh dari mata.

8. Syaraf Optik

bagian mata

Bagian mata yang kedelapan adalah syaraf optik. Bagian ini berfungsi untuk meneruskan bayangan benda yang diproses oleh retina menuju otak. Syaraf ini yang bertanggung jawab terhadap bentuk suatu benda yang dilihat mata. Jika syaraf optik ini mengalami kerusakan, maka mata tidak dapat melihat atau buta.

9. Akomodasi Otot

Bagian mata yang kesembilan adalah akomodasi otot. Bagian ini berfungsi untuk mengatur lensa mata (menebal atau menipis) dengan cara menarik atau mendorong lensa mata.

10. Vitreous Humor

Bagian selanjutnya dari mata adalah Vitreous Humor. Bagian ini disebut juga dengan badan vitreous, bentuknya berupa gel yang berfungsi untuk mengisi ruang antara lensa dan retina.

11. Aqueous Humor

Aqueous Humor adalah bagian mata yang berbentuk cairan mirip plasma transparan berlendir protein rendah. Cairan aqueous humor ini dihasilkan oleh silia tubuh dan memiliki fungsi untuk mendukung lensa mata.

12. Sklera

Bagian selanjutnya dari mata adalah sklera. Bagian ini membentuk dinding putih pada mata dengan ketebalan rata-rata 1 - 3 mm karena adanya otot irensi.

14. Kelopak Mata

bagian mata manusia

Bagian mata selanjutnya adalah kelopak mata. Bagian ini berfungsi untuk menjaga bola mata dari masuknya benda asing dari luar seperti pasir, debu, goresan, atau asap. Selain itu, kelopak mata juga berfungsi untuk menyapu bola mata menggunakan cairan. Bagian ini juga berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang akan masuk menuju mata. Kelopak mata dilengkapi dengan otot kelopak untuk menunjang mekanisme buka tutup (berkedip).

15. Alis 

Alis adalah bagian mata yang terdiri dari bulu yang tumbuh di atas mata. Bagian ini berfungsi untuk menahan keringat atau air yang jatuh dari dahi (kening) agar tidak masuk ke dalam mata. Terkadang ada beberapa orang yang sengaja mencukur alisnya, padahal kegiatan tersebut sebetulnya tidak baik untuk mata.

16. Bulu Mata

Bagian mata yang tidak kalah pentingnya adalah bulu mata. Bagian ini berfungsi untuk menangkap partikel-partikel asing berukuran kecil (debu) yang bisa saja masuk ke dalam mata.

17. Kelenjar Lakrima

Kelenjar lakrima adalah istilah lain dari kelenjar air mata. Pada bagian inilah air mata dihasilkan. Air mata berfungsi untuk membersihkan mata dari debu, mematikan kuman yang masuk ke mata, dan melembabkan mata.

Demikianlah uraian tentang 17+ Bagian Bagian Mata, Fungsi, dan Gambar (Terlengkap), semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment