Loading...

Learn Science With Ilmusiana

Fungsi Kepala Sari (Anther) Bunga

Loading...
Apa fungsi kepala sari (anther) pada bunga? Bunga, seperti semua organisme hidup lainnya, harus melakukan reproduksi untuk mempertahankan kelangsungannya. Salah satu struktur reproduksi penting yang ditemukan pada semua bunga adalah kepala sari (anther). Dalam materi kali ini, kita akan mengeksplorasi struktur dan fungsi dari kepala sari untuk mendapatkan pemahaman tentang bagian penting dari bunga ini.

Apa itu Kepala Sari?

Cobalah kamu amati bagian-bagian bunga, kamu akan melihat begitu banyak bagian kecil. Bagian reproduksi jantan dari bunga disebut benang sari. Benang sari terdiri Ini dari tabung panjang, yang disebut filamen, dan memiliki elemen penghasil serbuk sari di ujungnya. Elemen berbentuk oval ini disebut kepala sari (anther). Keberadaannya sangat penting dalam reproduksi tanaman berbunga, sebagai tempat untuk memproduksi gamet jantan, yang disebut serbuk sari (pollen). Perhatikan gambar kepala sari berikut ini:

fungsi kepala sari (anther)
                Letak Kepala Sari bunga

Kepala sari terletak di bagian atas filamen bunga. Jumlah kepala sari yang dimiliki oleh suatu bunga bisa berbeda-beda, tetapi kebanyakan bunga memiliki 5 sampai 6 kepala sari yang mengelilingi pusat bunga. Kepala sari memiliki warna yang bervariasi, dari kuning muda hingga merah tua.

Fungsi Kepala Sari

Fungsi utama dari kepala sari adalah untuk menghasilkan serbuk sari. Untuk memahami fungsi kepala sari, kamu harus mulai dengan melihat struktur dalamnya. Seandainya kita bisa mengintip ke dalam kepala sari, kita akan melihat struktur kecil seperti tabung yang disebut mikrosporangium, yaitu tempat pembentukan serbuk sari. Di dalam struktur ini, proses meiosis terjadi. Meiosis adalah proses biologis untuk menghasilkan sel-sel kelamin. Di dalam mikrosporangium ini, proses meiosis menghasilkan butiran serbuk sari.

Materi Terkait:
Setelah butiran serbuk sari terbentuk, mereka dipindahkan ke salah satu dari dua kantung kecil di dalam kepala sari. Ketika cukup banyak serbuk sari yang terkumpul dan telah tiba waktu bagi bunga untuk bereproduksi, kantung-kantung ini akan terbuka dalam suatu proses yang disebut dengan dehiscence. Ketika penyerbukan berlangsung, serbuk sari dipindahkan dari kepala sari ke kepala putik.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Kepala Sari (Anther), semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment