Learn Science With Ilmusiana

5+ Fungsi Hikayat Bagi Masyarakat

Apa fungsi hikayat bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari? Sebagai sebuah cerita yang lahir di tengah masyarakat, hikayat berfungsi sebagai sumber nilai melalui pesan atau amanat yang terangkum dalam ceritanya. Meskipun, sifatnya hanya sebagai cerita rekaan atau dongeng semata, tidak jarang masyarakat menganggapnya sebagai kenyataan yang sungguh terjadi. Mereka takjub dengan kisah kepahlawanan dan keajaiban dari para tokoh dalam cerita hikayat.

Fungsi Hikayat Bagi Masyarakat

Mereka menjadi hikayat sebagai salah satu sumber pelajaran untuk menjalani kehidupan. Itulah sebabnya mengapa sehingga hikayat dapat melekat kuat dalam ingat masyarakat, dan mewariskannya secara turun temurun meskipun dengan cara lisan. 

Fungsi Hikayat Bagi Masyarakat

Fungsi utama hikayat dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai pembangkit semangat juang, pelipur lara, kepahlawanan, pembawa pesan moral, atau sekedar meramaikan acara / pesta. Berikut ini kami jelaskan satu persatu masing-masing fungsi tersebut:

1. Pembangkit Semangat Juang

Fungsi hikayat yang pertama adalah sebagai pembangkit semangat juang. Hikayat banyak mengisahkan cerita tentang kegigihan para tokohnya dalam berjuang untuk mencapai tujuan. Segala masalah dan rintangan dihadapi dengan sabar dan tabah. Semangat itulah yang coba diserap oleh masyarakat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

2. Pelipur Lara

Fungsi hikayat yang kedua adalah sebagai pelipur lara. Hikayat dapat berfungsi sebagai cerita penghibur bagi hati yang sedih. Dalam hikayat sering diceritakan bagaimana kesulitan yang dihadapi oleh para tokohnya dalam mencapai tujuan, namun di ujung cerita berakhir pada kebahagiaan. Hikayat ingin memberi pesan bahwa di balik kesulitan ada kemudahan, setelah kesedihan ada kebahagiaan.

3. Mengajarkan Kepahlawanan

Fungsi hikayat yang ketiga adalah mengajarkan kepahlawanan. Ajaran ini terangkum dalam perjalanan para tokoh yang dengan gagah berani melawan semua kejahatan dan kebatilan yang timbul di tengah masyarakat. Tidak jarang, ada tokoh yang diceritakan mengorbankan nyawanya untuk membantu orang lain.

Materi Hikayat Lainnya:

4. Pembawa Pesan Moral

Fungsi hikayat yang keempat adalah sebagai pembawa pesan moral. Ada banyak pesan atau amanat dan nilai-nilai kebaikan yang dibawa oleh cerita hikayat. Ajaran tentang tolong menolong, membela kebenaran, membantu yang lemah, dan sebagainya banyak ditemukan dalam hikayat.

5. Meramaikan Acara / Pesta

Fungsi hikayat yang terakhir adalah sering digunakan sekedar untuk meramaikan acara atau pesta. Terkadang, diadakan prosesi pembacaan cerita hikayat dalam suatu acara untuk menghibur para tamu undangan yang hadir. Pembacaan kisah ini lazim dilakukan oleh masyarakat kita zaman dulu.

Demikianlah uraian tentang Fungsi Hikayat. Bagikan materi ini kepada teman yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Fungsi Hikayat Bagi Masyarakat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment