Learn Science With Ilmusiana

10+ Pengertian Hikayat Paling Lengkap

Tahukah kamu, apa pengertian dari hikayat? Mungkin, banyak dari kita yang belum tahu definisi dari salah satu karya sastra ini. Hikayat termasuk ke dalam jenis prosa lama yang telah umum dikenal dalam khasanah kesusasteraan Indonesia. Ada bermacam-macam jenis dan judul hikayat yang beredar di masyarakat saat ini. Semuanya menjadi bagian dari kekayaan bangsa Indonesia. Meskipun begitu, masih banyak yang bingung dalam membedakan karya sastra hikayat dengan jenis karya sastra lainnya.

pengertian hikayat adalah

Agar dapat membedakan jenis, bentuk, dan ciri dari masing-masing karya sastra yang ada, maka kita harus paham tentang pengertian dari karya sastra tersebut. Nah, dalam pembahasan ini kami akan menguraikan beberapa pengertian atau definisi dari hikayat. Berikut ini uraiannya:

Pengertian Hikayat

Secara umum, hikayat sering disebut sebagai salah satu bentuk dari prosa karya sastra Melayu yang berisi cerita, silsilah raja-raja, agama, sejarah, undang-undang, biografi, atau gabungan dari semuanya. Jika kita merujuk kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hikayat di artikan sebagai karya sastra lama Melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan silsilah bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang, atau sekadar untuk meramaikan pesta, misalnya Hang Tuah; Perang Palembang; Seribu Satu Malam. 

Materi Hikayat Lainnya:
Berikut ini, bermacam-macam pengertian dari hikayat:
  • Hikayat adalah karya sastra yang berisi cerita sejarah yang menarik, penuh keajaiban, atau hal-hal yang kadang-kadang tidak masuk akal.
  • Hikayat adalah salah satu bentuk karya sastra lama yang bercerita seputar lingkungan istana, raja, keluarga raja, dan para punggawa istana.
  • Hikayat adalah cerita atau dongeng yang isinya bermacam-macam, berpangkal kepada seorang tokoh sejarah atau kepada peristiwa yang sungguh terjadi.
  • Hikayat adalah karya sastra yang isinya beraneka ragam karena bisa dikatakan apa saja bisa digubah menjadi hikayat.
  • Hikayat adalah karya sastra Melayu klasik yang ditulis beberapa abad lalu.
  • Hikayat adalah karya sastra berupa cerita atau dongeng yang dibuat sebagai wahana pelipur lara atau pembangkit semangat juang. 
  • Hikayat adalah sebuah kisah / dongeng yang menceritakan tentang kehebatan seseorang

Pengertian Hikayat Menurut Ahli

Selain beberapa definisi di atas, terdapat juga pengertian hikayat yang dipaparkan oleh para ahli sastra, berikut ini beberapa di antaranya:
  • Menurut Suherli: Hikayat adalah teks narasi Melayu klasik yang termasuk ke dalam ragam jenis cerita rakyat. Hikayat menonjolkan unsur penceritaan dengan ciri kesaktian dan kemustahilan para tokoh-tokohnya.
  • Menurut Sugiarto: Hikayat berasal dari bahasa Arab yang berarti kisah atau cerita. Kata ini selanjutnya diserap ke dalam bahasa Melayu dengan tidak menghilangkan makna aslinya. Oleh karena itulah, semua karya berbentuk prosa dalam karya sastra Melayu lama disebut hikayat.
  • Menurut Hidayati: Hikayat adalah salah satu karya sastra Melayu klasik yang termasuk ke dalam jenis folklore yang terdapat dalam khazanah kesusastraan Indonesia. 
Demikianlah uraian tentang Pengertian Hikayat. Bagikan materi ini kepada teman yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Pengertian Hikayat Paling Lengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment