Learn Science With Ilmusiana

2019+ Manfaat Binahong (Daun, Bunga, Buah, Umbi, Biji)

Tanaman Binahong. Sebenarnya apa sih manfaat dari daun, bunga, buah, biji, batang, dan akar/umbi binahong itu? Apa saja kandungannya? Ini adalah penjelasan paling lengkap tentang manfaat binahong. Jika pada kebanyakan artikel di internet hanya menjelaskan manfaat daunnya saja, maka dalam artikel ini akan diuraikan juga kandungan dan manfaat bagian-bagian lain dari tanaman ini. Kiranya Anda berkenan, tolong bagikan penjelasan ini ke semua media sosial yang Anda punya, agar orang lain juga ikut mengetahui manfaat luar bisa dari tanaman binahong ini. Yah, seluruh bagian tanaman binahong mengandung zat obat yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Jadi, apa yang Anda ketahui tentang tanaman binahong?

Mungkin, tanaman yang satu ini tidak asing lagi terdengar di telinga Anda sekalian. Daun binahong merupakan nama tanaman yang khasiatnya telah banyak dibuktikan orang sebagai obat penawar segala macam penyakit. Yah, itulah binahong, sebuah tanaman ajaib anugerah dari sang kuasa yang memiliki kandungan obat di dalamnya. Sejatinya, manusia merupakan makhluk yang lemah, tubuh kita sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Ada ratusan (bahkan ribuan) nama penyakit yang telah diungkap dunia medis sampai saat ini.

Cara terbaik untuk melawan semua penyakit itu adalah memperkuat pertahanan tubuh kita, atau dalam bahasa medis disebut "sistem imun" alias sistem kekebalan tubuh. Namun, bagaimana seandainya jika tubuh terlanjur terserang penyakit? Yah, jalan satu-satunya harus diobati sampai sembuh. Terdapat dua cara pengobatan yang saat ini bisa ditempuh, pertama melalui medis dengan memanfaatkan obat-obat kimia buatan perusahaan farmasi, dan kedua melalui pengobatan herbal memanfaatkan tanaman obat yang tumbuh di alam.

Masing-masing metode pengobatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menyembuhkan penyakit. Cara medis dengan obat-obatan kimia biasanya dapat menyembuhkan penyakit dengan lebih cepat. Namun, metode ini umumnya meninggalkan efek samping akibat penggunaan bahan-bahan kimia sebagai kandungan utama obat. Efek yang paling terasa adalah bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh akan memberatkan kerja ginjal, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, akibat terburuknya bisa berujung pada gagal ginjal. Ada sebuah adagium terkenal dalam dunia farmakologi yang berbunyi "Semua obat adalah racun".

Sedangkan, metode pengobatan herbal terkesan agak lambat dalam menyembuhkan suatu penyakit. Perlu waktu lebih lama buat zat-zat obat yang terkandung dalam tanaman untuk bekerja ke titik penyakit. Tetapi, metode yang satu ini tidak menimbulkan efek sampingan, meskipun digunakan dalam jangka panjang. Mungkin peribahasa "Biar Lambat Asal Selamat" cocok untuk menggambarkan metode herbal ini. 

Herbal Tanaman Binahong

Sekarang ini, trend penggunaan pengobatan herbal semakin populer diminati banyak orang. Mereka tertarik dengan metode penyembuhan tanpa efek samping. Apalagi, di era keterbukaan informasi sekarang ini, banyak orang yang membagi cerita pengalaman kesembuhannya melawan penyakit berkat tanaman herbal. Pengalaman tersebut diceritakan melalui artikel blog atau website yang bisa di baca oleh masyarakat luas. Salah satu yang paling populer adalah tanaman binahong ini.

Kepopuleran daun binahong bisa kita lacak dari banyaknya orang yang mengulas tanaman ini di berbagai media. Sebagai contoh, coba Anda ketikkan frasa "manfaat daun binahong" di google, maka akan muncul ribuan artikel yang menjelaskan kandungan dan manfaatnya. Di antara artikel tersebut, ada juga informasi tentang cara membuat ramuan obat dari binahong yang tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda, termasuk kisah sukses selama mengonsumsi ramuan binahong ini.

Manfaat Tanaman Lainnya:
Namun, sepanjang yang kami telusuri, masih banyak kekurangan dari artikel-artikel tanaman binahong tersebut, dimana umumnya hanya mengulas manfaat dari daunnya saja. Padahal, semua bagian tanaman binahong mengandung khasiat obat, yaitu daun, batang, umbi / akar, buah, dan bijinya. Nah, untuk itulah artikel ini hadir untuk melengkapi dan menambah pengetahuan Anda mengenai tanaman herbal ini. Kami akan mengulas secara lengkap kandungan dan manfaat dari masing-masing bagian tersebut untuk mengobati penyakit. Baiklah, kita mulai saja untuk mengenal lebih dalam tanaman obat ini.

Mengenal Tanaman Binahong

Binahong adalah tanaman obat yang memiliki nama latin Bassela rubra linn, atau dalam bahasa Inggris Heartleaf maderavine madevine. Di daratan China, binahong disebut dengan Deng san chi. Sedangkan, dalam dunia ilmiah tanaman ini diberi nama Auderra cordifolia. Masyarakat Indonesia juga menyebutnya dengan nama gendola. Binahong merupakan tanaman yang tumbuh menjalar melingkari apa saja yang ada di dekatnya. Tanaman ini bersifat perenial atau tanaman yang berumur lama. Binahong bisa tumbuh mencapai panjang 5 meter.

1. Klasifikasi Tanaman Binahong

Klasifikasi lengkap dari tanaman binahong adalah sebagai berikut:
  • Kingdom: Plantae
  • Sub Kingdom: Viridiplantae
  • Infra Kingdom: Stretophyta
  • Super Divisi: Embryophyta
  • Divisi: Tracheophyta
  • Sub Divisi: Spermatophytina
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Super Ordo: Caryophyllanae
  • Ordo: Caryophyllales
  • Famili: Basellaceae
  • Genus: Anredera Juss
  • Spesies: Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

2. Ciri-Ciri Tanaman Binahong

Bagi Anda yang belum pernah secara langsung melihat tanaman binahong, berikut ini kami uraikan ciri-ciri dari tanaman ini: 

2.1. Daun dan Bunga Tanaman Binahong

Binahong adalah tanaman yang berdaun tunggal. Daunnya memiliki tangkai sangat pendek, berbentuk jantung, dan terletak berseling. Daun binahong memiliki panjang sekitar 5-10 cm, dengan lebar rata-rata 3-7 cm. Ujung daun ini berbentuk runcing dengan pangkal berlekuk, dengan tepian yang rata. Secara keseluruhan, daun binahong memiliki permukaan licin dengan helaian daun yang tipis.

Binahong memiliki bunga berbentuk majemuk rimpang dengan tangkai panjang. Bunga ini tumbuh di sekitar ketiak daun dengan panjang mahkota bunga sekitar 0,5-1 cm, berjumlah 5 helai, dan berwarna krem keputih-putihan.

2.2. Batang Tanaman Binahong

Batang tanaman binahong berwarna merah dan berbentuk silindris. Batangnya lunak dan saling membelit. Bagian solid dari batang binahong memiliki permukaan halus.

2.3. Buah dan Biji Binahong

Tanaman binahong juga memiliki buah dengan bentuk bulat telur dan berdiameter sekitar 1 cm. Buah ini termasuk ke dalam golongan buah buni atau buah berdaging. Buah binahong memiliki warna hijau saat muda dan ungu saat telah matang. Sedangkan, bijinya berjumlah satu, berbentuk bulat, dan keras. Biji ini berwarna merah agak keputihan.

2.4. Akar / Umbi Tanaman Binahong

Binahong memiliki akar berbentuk rimpang dengan daging lunak. 

Supaya lebih jelas, berikut ini kami tampilkan foto dari tanaman binahong ini:

Gambar daun dan bunga binahong

gambar daun, bunga, batang binahong

Gambar akar tanaman binahong

akar tanaman binahong

Gambar buah, biji, dan batang tanaman binahong 

buah dan biji binahong

3. Penelitian tentang Binahong

Tanaman binahong telah berulangkali diteliti oleh para ahli dari berbagai lembaga penelitian, baik dalam maupun luar negeri. Meskipun, sejak ratusan yang lalu telah digunakan sebagai obat, namun pengetahuan tentang kandungannya barulah berhasil dikuak beberapa dasawarsa terakhir saja. Para ahli dibuat penasaran dengan tanaman ajaib ini mengapa sehingga bisa menyembuhkan banyak penyakit. Berikut ini adalah beberapa penelitian terkait tanaman binahong:
  • Penelitian Prof. Dr. Elin Yulinah Sukandar, Apt., dari Sekolah Farmasi ITB, menemukan bahwa binahong memiliki potensi untuk mengatasi penyakit kolesterol dan diabetes melitus.
  • Penelitian Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, M.Si, Apt., ahli farmasi Pusat Studi Obat Alam UI, menemukan bahwa kandungan triterpenoid saponin dalam binahong yang berperan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.
  • Penelitian Dr. Farida Hayati, M.Si, Apt dan Mir A. Kemila dari Jurusan Farmasi UII Yogyakarta, menemukan bahwa daun binahong memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah.
  • Penelitian Lee Yan Ying, seorang mahasiswa kedokteran gigi menemukan bahwa ekstrak daun binahong dapat menghambat pertumbuhan polibakteri dari Stomatis Aftosa Rekuren (SAR).
  • Penelitian Khunaifi menemukan bahwa daun binahong memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aureginosa.
  • Penelitian Sri Sumartiningsih menemukan bahwa binahong berperan mengurangi peradangan sel dan mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan Tanaman Binahong

Kita hampir sampai pada inti uraian ini, sekarang kami akan menjelaskan tentang kandungan dari tanaman binahong. Penjelasan inilah yang banyak dicari orang untuk menjawab rasa penasaran mereka mengenai mengapa sehingga tanaman yang satu ini bisa dijadikan sebagai obat. Seperti yang kami utarakan di awal, kami akan menguraikannya secara komprehensif, jadi bukan hanya kandungan pada daunnya, tetapi juga kandungan pada bunga, umbi/akar, batang, buah, dan bijinya. Berikut ini ulasannya:

1. Kandungan Daun Binahong

Daun binahong merupakan bagian yang paling populer dan paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit. Para ahli telah menguak kandungan yang terdapat dalam daun ini. Kandungan tersebut antara lain, sebagai berikut:

1.1. Flavonoid

Daun binahong telah diketahui mengandung flavonoid. Zat ini bisa didapatkan melalui ekstrak daun binahong. Zat ini memiliki efek farmakologi, yaitu sebagai analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Efek antiinflamasi bekerja dengan cara menghambat jalur metabolisme asam arakhidona, pelepasan histamin pada radang, dan pembentukan prostaglandin.

1.2. Asam oleanolik

Daun binahong juga mengandung asam oleanolik, yaitu suatu asam yang termasuk ke dalam golongan triterpenoid. Asam ini sumber antioksidan di tanaman. Keberadaan zat ini sangat bermanfaat karena berfungsi untuk meningkatkan pertahanan sel. Bekerja dengan cara mencegah racun menyusup masuk ke dalam sel. Asam ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan berkat adanya kandungan nitrit oksida. Kandungan tersebut bersifat racun pada bakteri sehingga berfungsi juga sebagai toksin pembunuh bakteri.

1.3. Protein

Daun binahong juga kaya dengan zat protein molekul besar. Protein ini bisa berfungsi sebagai antigen untuk pembentukan antibodi. Protein yang terdapat dalam daun binahong akan meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke tiap jaringan sel.

1.4. Asam askorbat

Daun binahong juga mengandung asam askorbat, atau dikenal juga sebagai vitamin C. Asam ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi.

1.5. Saponin

Daun binahong juga diketahui mengandung saponin. Saponin adalah glikosida, yaitu metabolit sekunder yang banyak terdapat di alam. Zat ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

2. Kandungan Bunga Binahong

Bagian bunga binahong juga mengandung banyak zat-zat bermanfaat. Beberapa diantaranya, adalah:
  • Fenol
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Steroid

3. Kandungan Buah dan Biji Binahong

Di dalam buah dan biji binahong, juga terdapat kandungan bermanfaat lainnya, antara lain:
  • Flavonoid
  • Antioksidan
  • Saponin

4. Kandungan Umbi / Akar Binahong

Bagian binahong yang juga mengandung zat obat adalah umbi atau akar. Beberapa kandungan tersebut antara lain:
  • Fenol
  • Antioksidan
  • Flavonoid
  • Saponin
  • Terpenoid
  • Steroid

Manfaat Binahong

Telah banyak orang yang membuktikan manfaat dan khasiat tanaman binahong untuk mengobati penyakit. Karena keampuhannya, tanaman ini sering dijuluki sebagai "tanaman dewa" karena hampir semua penyakit bisa diatasi dengan binahong. Luar biasanya, seluruh bagian tanaman ini mengandung obat. Masing-masing bagian tersebut bisa menyembuhkan penyakit. Berikut ini penjelasannya:

1. Manfaat Daun Binahong

Berikut ini adalah penyakit-penyakit yang bisa diatasi dengan daun binahong, plus cara membuat ramuannya:

1.1. Daun Binahong untuk asam urat

Manfaat dari daun binahong adalah dapat mengatasi penyakit asam urat, yaitu suatu penyakit yang menyerang bagian persendian tubuh. Rasa nyeri pada persendian adalah gejala yang sering dialami oleh penderita asam urat. Tentu saja, hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat penderitanya sulit beraktivitas. Senyawa aktif seperti alkoloid dan flavonoid berkerja sebagai penangkal terbentuknya kristal asam urat dalam tubuh. Sementara itu, senyawa lain yang sejenis dengan kholkisin dan alkoloid akan mencengah terjadinya pembengkakan dan radang persendian.

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, siapkan 20 lembar binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah daun tersebut bersama 8 gelas air sampai mendidih dan berkurang setengahnya. Tuangkan ke dalam wadah, dan tunggu hingga agak dingin. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari untuk meredakan penyakit asam urat.

1.2. Daun Binahong untuk Diabetes

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah dapat mengatasi masalah diabetes. Penyakit ini termasuk salah satu yang paling ditakuti oleh banyak orang. Diabetes merupakan nama penyakit yang berhubungan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Dari berbagai penelitian berhasil diketahui bahwa ekstrak daun binahong memiliki efek hipoglikemik, yaitu kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah.

Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, siapkan 11 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah daun tersebut dengan 3 gelas air, kemudian didihkan sampai tersisa 1 gelas saja, untuk sekali minum. Lakukan secara rutin setiap hari sampai mendapatkan hasil terbaik.

1.3. Daun Binahong untuk Kolesterol

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh. Kolesterol ini berbentuk seperti plak di dalam pembuluh darah, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan. Jika tidak segera diatas, kolesterol tersebut akan terus menumpuk dan menghambat peredaran aliran darah.

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, siapkan 7 lembar daun binahong segar yang telah dicuci bersih. Rebus daun tersebut menggunakan 2 gelas air, didihkan sampai tersisa 1 gelas saja. Tunggu sampai agak dingin sampai bisa diminum. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari selama 1 minggu.

1.4. Daun Binahong untuk Hipotensi

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk meningkatkan tekanan darah yang terlalu rendah di bawah normal. Kondisi sangat tidak baik bagi kesehatan, sama tidak baiknya di saat meninggi (hipertensi). Tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah saat mengalami tekanan darah rendah. Aktivitas sehari-hari pasti akan terganggu, bahkan dalam tingkat ekstrim penurunan tekanan darah ini bisa membuat penderitanya pingsan.

Untungnya saja, keadaan ini bisa diatasi menggunakan daun binahong. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah, siapkan 8 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Minumlah 1 kali sehari, lakukan secara rutin sampai tekanan darah normal kembali.

1.5. Daun Binahong untuk Luka

Manfaat daun binahong lainnya adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Efek antimikroba yang terkandung dalam daun binahong akan mencegah terjadinya infeksi pada luka terbuka. Cara membuatnya ramuannya pun cukup mudah, tumbuk halus daun binahong secukupnya, kemudian balurkan ke atas luka.

1.6. Daun Binahong untuk Maag

Kandungan daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit maag, yaitu penyakit yang timbul akibat lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, siapkan 7 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah daun tersebut menggunakan 3 gelas air, didihkan sampai tersisa 1 gelas saja. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari sebelum makan.

1.7. Daun Binahong untuk Kanker

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah sangat ampuh dalam melawan penyakit kanker. Kemampuan ini berkat kandungan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas pembentuk kanker. Daun binahong juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C atau asam askorbat. Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, siapkan 30 gram daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah menggunakan 1 liter air, didihkan sampai tersisa 600 ml saja. Minum ramuan ini 3 kali sehari, masing-masing 200 ml sekali minum.

1.8. Daun Binahong untuk jerawat dan Wajah

Manfaat selanjutnya dari daun binahong adalah dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Daun binahong diketahui mengandung kolagen yang bisa mengembalikan kesehatan kulit wajah. Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah, siapkan 5 lembar daun yang telah dicuci bersih. Tumbuk atau giling daun tersebut sampai halus. Oleskan ramuan ini pada bagian wajah yang berjerawat.

1.9. Daun Binahong untuk Sesak Napas

Manfaat lain dari ekstrak daun binahong adalah untuk mengatasi masalah sesak napas. Penyakit ini sering disebabkan oleh adanya lendiri pada organ paru-paru. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi saluran pernapasan. Daun binahong dapat melawan bakteri ini berkat kandungan antibakter atau antimikrobanya. Cara membuat ramuannya sangat mudah, siapkan 7 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah daun tersebut dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum secara rutin sampai sesak napas hilang.

1.10. Daun Binahong untuk lemah Syahwat

Daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit yang kerap menyerang pria dewasa, yaitu lemah syahwat. Penyakit ini harus segera diatasi karena akan mengganggu hubungan intim pasangan suami istri. Cara membuat ramuannya, yaitu siapkan 10 lembar daun binahong yang telah dicuci bersih. Rebuslah dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Minum secara rutin setiap malam.

2. Manfaat Bunga Binahong

Bagian bunga dari daun binahong juga dapat dimanfaatkan dalam terapi herbal. Bunga binahong ini dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan kandungan. Cara membuat ramuannya cukup dengan merebus bunga binahong, kemudian diminum. Ramuan bunga binahong ini sangat efek untuk melawan penyakit:
  • Mengatasi masalah anemia
  • Penyakit kolesterol
  • Meredakan asam urat
  • Melancarkan pembuluh darah
  • Mencegah penyakit jantung
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Manfaat Akar/Umbi Binahong

Bagian tanaman binahong yang juga bermanfaat adalah bagian umbi atau akarnya. Umbi binahong dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit organ dalam tubuh. Cara mengolahnya pun sangat mudah, cukup dengan mengambil umbi binahong secukupnya yang telah dicuci bersih. Umbi itu kemudian direbus, setelah dingin hasilnya diminum 3 kali sehari. Cara ini sangat efektif untuk:
  • Menyembuhkan luka bekas operasi
  • Penyakit typus
  • Penyakit disentri
  • Mengembalikan kesegaran jasmani
  • Mencegah stroke
  • Mengatasi sakit pinggang
  • Mengatasi asam urat

4. Manfaat Buah dan Biji Binahong

Buah dan biji binahong juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan berkat kandungan zat-zat obatnya, diantaranya adalah antioksidan, saponin, alkaloid, flavonoid, dan senyawa aktif lainnya. Semuah zat ini dapat digunakan untuk mengatasi penyakit:
  • Mengatasi sakit kepala dan pusing
  • Berfungsi sebagai obat batuk
  • Mengobati pembengkakan jantung
  • Mengobati luka dalam
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengatasi radang usus
  • Mengatasi masalah diare 

Pengalaman Sembuh berkat Binahong

Telah banyak orang yang merasakan manfaat tanaman binahong untuk menyembuhkan penyakit. Berikuti ini adalah cerita pengalaman orang-orang dalam melawan penyakitnya dengan mengonsumsi binahong:
  • Suami ibu Hariyati sembuh dari stroke berkat ramuan binahong, Anda bisa membaca pengalamannya di sini: Sembuh dari Stroke
  • Khasiat binahong dapat memperpanjang usia hidup, seperti yang dialami oleh nenek Yati. Anda bisa membaca kisahnya di sini: Panjang umur berkat Binahong
  • Pengalaman lebih banyak lagi bisa Anda baca di buku ini: Pengalaman Binahong

Efek Samping Binahong

Meskipun, binahong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi harus diperhatikan juga efek samping yang bisa ditimbulkan. Efek samping negatif biasanya muncul akibat dari penerapan dosis yang salah. Konsumsi ramuan binahong kadang-kadang menyebabkan gelisah, pusing, sakit kepala, lekas marah, mual, muntah, kurang nafsu makan, kesemutan, detak jantung berdebar, dan kesulitan buang air kecil. Selain itu, binahong juga tidak aman dikonsumsi sangat dekat dengan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Ibu hami dan menyusui juga tidak aman untuk mengonsumsi ramuan ini.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Manfaat Binahong. Bagikan artikel ini kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2019+ Manfaat Binahong (Daun, Bunga, Buah, Umbi, Biji) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment