Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Brigade Mobil Singkatan

Sebenarnya, Brigade Mobil itu singkatan dari apa sih? Pertanyaan ini sering muncul pada lembar TTS atau teka-teki silang. Sebenarnya, ini merupakan nama sebuah Korps pengamanan salah satu unsur dalam Kepolisian Republik Indonesia. Tetapi, Korps ini bukanlah seperti polisi pada umumnya, tetapi berbentuk kesatuan operasi khusus dengan sifat paramiliter. 

Brigade Mobil Singkatan

Di dalam organisasi Polri, unit ini merupakan salah satu yang tertua. Tugas-tugas yang sering dijalankan sangat berbeda dengan Polisi pada umumnya, seperti penanganan terorisme, kerusuhan, pencarian dan penyelamatan sandera, penjinakan bom, dan penegakan hukum beresiko tinggi lainnya.

Brigade Mobil Singkatan

Brigade Mobil adalah singkatan dari Brimob. Kesatuan Brimob merupakan komponen besar di dalam polri yang dilatih khusus untuk menyelesaikan tugas anti-pemberontakan dan anti-separatis. Pelaksanaan tugasnya seringkali bersama dengan militer. Korps Brimob digolongkan sebagai Unit Taktis Polisi, beberapa yang terkenal adalah Gegana Brimob dan Densus 88.

Kesatuan Brimob terbagi ke dalam dua cabang utama, yaitu Pelopor dan Gegana. Pelopor bertugas dalam pelaksanaan tugas-tugas operasi khusus kepolisian dan bersifat paramiliter, seperti penanganan kerusuhan, pencarian dan penyelamatan (SAR), operasi gerilya, dan pengamanan instalasi vital. Sedangkan, Gegana bertugas dalam pelaksanaan tugas-tugas penjinakan bom, anti-teror, penanganan KBR, dan integensi. 

Kedua cabang ini pada umumnya sama-sama memiliki kemampuan taktikal sebagai unit kepolisian khusus, seperti kemampuan membebaskan sandera di perkotaan, pemberantasan separatis atau teroris, dan operasi khusus lainnya. Setiap Polda di wilayah Indonesia memiliki kesatuan Brimob.

Kesimpulan

Jadi, jika terdapat pertanyaan Brigade Mobil Singkatan dari apa, kamu udah tahu kan apa jawabannya? Yah betul, jawabannya adalah Brimob.

Demikianlah penjelasan tentang Brigade Mobil Singkatan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Brigade Mobil Singkatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment