Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Arti Wakaf Menurut Bahasa dan Istilah

Bisakah kamu jelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah? Sebagai seorang muslim, kita pasti sering mendengar kata wakaf. Atau, ketika kita berjalan-berjalan di suatu daerah, kita sering melihat ada tulisan "Masjid ini diwakafkan dari..." atau "Tanah ini adalah wakaf dari...". Dari sini, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa wakaf itu ada hubungannya dengan pemberian harta. Wakaf adalah salah satu bagian dari sadakah yang pahalanya terus mengalir. 

Jelaskan Arti Wakaf Menurut Bahasa dan Istilah

Wakaf merupakan satu sikap kedermawanan dalam Islam yang mendatangkan kebaikan yang tidak terputus bagi yang melakukannya, sekaligus memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat. Orang yang melakukan wakaf sifatnya secara sukarela, tanpa paksaan. Pemanfaataannya lebih ditujukan untuk kepentingan umum, seperti membangun Masjid, sekolah, pesantren, dan lain-lain.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan arti wakaf menurut bahasa dan istilah. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa memahami apa itu wakaf dari segi bahasa dan apa itu wakaf dari istilah.

Arti Wakaf Menurut Bahasa dan Istilah

Wakaf menurut bahasa artinya berhenti. Wakaf (bahasa Indonesia), waqf dalam bentuk jamaknya auqaf berasal dari waqafa yaqifu waqfan wa wuqufan, artinya berhenti. Jadi, wakaf menurut bahasa artinya adalah berhenti, stagnan, mandeg atau sama sekali tidak bergerak dan tidak berpindah.

Sedangkan, Wakaf menurut istilah berarti menahan harta tertentu yang boleh diambil manfaat daripada zatnya untuk digunakan pada tujuan kebajikan, dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tidak boleh dijadikan jual-beli atau hibah pada zat benda yang diwakafkan itu. 

Demikianlah penjelasan tentang Arti Wakaf Menurut Bahasa dan Istilah. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Arti Wakaf Menurut Bahasa dan Istilah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment