Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Bisakah kamu jelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia? Keberagaman adalah satu topik yang relevan di bahas di negara kita yang besar sebagai masyarakat majemuk. Bentuk wilayah Indonesia yang terdiri atas puluhan ribu pulau, menciptakan keberagaman suku bangsa, bahasa, dan adat istiadat, serta agama yang tergabung menjadi satu membentuk bangsa Indonesia. Sehingga, keberagaman Indonesia adalah sesuatu hal yang tidak bisa dinafikan. Ia adalah sebuah keniscayaan yang harus diterima sebagai corak bangsa Indonesia.

Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia itu sudah pasti mendatangkan beberapa akibat, baik itu positif maupun negatif. Tetapi, kita sebagai anak bangsa harus sebisa mungkin mengurangi, bahkan menghilakan akibat-akibat negatif yang ditimbulkan dari keberagaman tersebut. Sebab, jika tidak, maka akan timbul perpecahan yang mengancam keutuhan bangsa. Ada banyak kejadian di masa lalu yang menjadi gambaran akibat-akibat negatif tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan akibat keberagaman masyarakat Indonesia. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin paham mengenai keadaan keberagaman masyarakat negara kita Indonesia dan mengetahui segala akibat-akibatnya.

Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia bisa mendatangkan akibat positif dan akibat negatif. Akibat positif dari keberagaman itu adalah sebagai berikut:

1. Akibat Positif Keberagaman Masyarakat Indonesia

1.1. Menjadi Kekayaan Bangsa Indonesia

Akibat positif dari keberagaman masyarakat Indonesia adalah menjadi salah satu kekayaan tersendiri dari bangsa Indonesia. Tidak negara lain di dunia yang memiliki suku, bahasa daerah, dan adat istiadat sebanyak Indonesia. Bangsa Indonesia patut berbangga karena mampu menyatukan seluruh elemen itu menjadi satu bangsa.  

1.2. Kesempatan saling mengenal budaya lain

Akibat dari keberagaman tersebut, kita ada kesempatan untuk saling mengenal dan mempelajari budaya dari suku-suku lain yang ada di Indonesia. Ada keunikan tersendiri yang terdapat pada masing-masing budaya yang membuatnya sangat menarik untuk dipelajari. Dengan mengenal dan mempelajari budaya lain, maka akan timbul rasa saling memahami dan menghargai antar sesama budaya.

1.3. Sumber Kekuatan Bangsa Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia itu menyimpan potensi kekuatan bagi bangsa Indonesia. Indonesia memiliki keragaman sumber daya alam, sumber daya manusia, serta aspek sosial budaya dan lainnya. Apabila keragaman ini dipupuk dengan baik, maka akan menjadi sumber kekuatan bagi bangsa Indonesia. 

2. Akibat Negatif Keberagaman Masyarakat Indonesia

Sementara itu, akibat negatif yang ditimbulkan dari keberagaman masyarakat Indonesia itu adalah sebagai berikut:

2.1. Memicu Terjadinya Konflik

Keberagaman masyarakat Indonesia sudah pasti menghasilkan banyak perbedaan. Perbedaan ini terkadang memicu terjadinya konflik. Ada banyak contoh konflik antara suku, budaya, dan agama yang pernah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Penyebabnya adalah kurangnya rasa saling menghargai dan memahami antar sesama budaya.

2.2. Menimbulkan Benturan Kepentingan

Keberagaman masyarakat Indonesia yang terdiri dari banyak suku bisa menimbulkan terjadinya perbedaan kepentingan. Masing-masing suku memiliki kepentingannya sendiri, yang jika tidak diatasi dengan baik akan menyebabkan terjadinya benturan kepentingan. 

2.3. Sumber Perpecahan Bangsa

Meskipun keberagaman sering dianggap sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia, tetapi keberagaman itu juga bisa menjadi sumber perpecahan bangsa. Fanatasme berlebihan yang timbul pada suatu suku akan berubah menjadi perang antar suku dan gerakan separatis yang dapat mengacaukan kehidupan bangsa.

Baca Juga:
Demikianlah penjelasan tentang Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Akibat Keberagaman Masyarakat Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment