Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Tahukah kamu berapa ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola? Seperti yang kita tahu, sepak bola adalah olahraga yang dimainkan di dalam lapangan. Tempat bermain sepak bola tersebut memiliki ukuran panjang dan lebar tertentu yang menjadi standar nasional, maupun internasional yang digunakan dalam setiap pertandingan resmi. Lapangan yang tidak mengikuti ketentuan ukuran ini dianggap tidak layak sebagai tempat pertandingan sepak bola. Oleh karena itu, ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola harus selalu diperhatikan agar sesuai dengan standar yang berlaku.

Bagi kamu yang sering bermain sepak bola yang bukan pertandingan resmi, mungkin tidak terlalu memperhatikan ukuran ini. Asalkan ada tanah lapang dengan luasan yang cukup, sepak bola langsung dimainkan bersama teman-teman. Tetapi, berbeda halnya dengan pertandingan yang diatur di bawah ketentuan organisasi sepak bola Indonesia dan dunia (PSSI dan FIFA), ukuran panjang dan lebar lapangan haruslah sesuai ketentuan.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bol. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin paham tentang ukuran resmi panjang dan lebar lapangan sepak bola sesuai standar.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Tempat bermain sepak bola disebut dengan lapangan hijau. Tempat ini berupa tanah yang ditumbuhi rumput dengan luasan tertentu berbentuk persegi panjang. Di masing-masing ujung panjangnya akan dipasang tiang jaring yang berfungsi sebagai gawang. Para pemain sepak bola akan berlomba untuk memasukkan bola ke gawang tersebut untuk menciptakan gol. Seperti itulah tujuan utama dari permainan sepak bola, yakni memasukkan gol untuk memenangkan pertandingan.

Terkait dengan ukuran lapangan sepak bola, lapangan ini memiliki ukuran panjang dan lebar. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Panjang Lapangan Sepak Bola

Ukuran panjang lapangan sepak bola menurut ketentuan induk organisasi sepak bola internasional (FIFA) adalah antara 90 meter sampai 120 meter. Ukuran ini memberi batas bawah dan batas atas dari panjang lapangan sepak bola. Artinya, setiap lapangan sepak bola itu panjangnya tidak boleh di bawah 90 meter dan tidak boleh melebih 120 meter. Di Indonesia sendiri, panjang lapangan sepak bola yang sering digunakan di stadion berada pada kisaran 100 meter - 110 meter. Sebagai contoh, Stadion Gelora Bung Karno memiliki panjang lapangan sebesar 105 meter.

Begitupun dengan stadion-stadion terkenal luar negeri, kebanyakan dari stadion tersebut menggunakan ukuran panjang pada kisaran 100 - 110 meter. Beberapa contoh stadion terkenal yang menggunakan ukuran ini adalah:
  • Stadion Old Trafford markas klub Manchester United dengan panjang lapangan 105 meter
  • Stadion Anfield markas klub Liverpol dengan panjang lapangan 101 meter
  • Stadion Santiago Bernabeu markas klub Real Madrid dengan panjang lapangan 108 meter
  • Stadion Nou Camp markas klub Barcelona dengan panjang lapangan 106 meter.

Lebar Lapangan Sepak Bola

Selain ukuran panjang, ukuran lebar pun di atur secara resmi oleh FIFA. Sehingga, setiap lapangan atau stadion yang akan dibangun untuk pertandingan sepak bola harus mematuhi ketentuan ukuran lebar lapangan ini. Menurut FIFA, lebar lapangan sepak bola adalah berada pada kisaran 45 meter sampai 90 meter. Ukuran ini merupakan batas bawah dan batas atas dari lebar lapangan sepak bola. Artinya lebar lapangan sepak bola tidak boleh kurang dari 45 meter dan tidak boleh lebih dari 90 meter.

Baca Juga:
Kebanyakan stadion-stadion di Indonesia, maupun dunia menggunakan lebar lapangan di kisaran 60-70 meter. Misalnya, stadion Gelora Bung Karno (GBK) memiliki ukuran lebar lapangan sebesar 68 meter. Begitupun dengan stadion-stadion terkenal yang telah kita sebutkan sebelumnya, lebar lapangannya adalah:
  • Stadion Old Trafford dengan lebar lapangan 68 meter
  • Stadion Anfield dengan lebar lapangan 68 meter
  • Stadion Santiago Bernabeu dengan lebar lapangan 72 meter
  • Stadion Nou Camp dengan lebar lapangan 70 meter.

Gambar Lapangan Sepak Bola

Untuk mendapatkan gambaran jelas mengenai ukuran lapangan sepak bola, berikut ini kami tampilkan gambar lapangan sepak bola yang dilengkapi dengan ukuran resmi dari FIFA:

Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola

Ukuran Lapangan Sepak Bola GBK

Ukuran Lapangan Sepak Bola GBK
Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Ukuran Panjang dan Lebar Lapangan Sepak Bola Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment