Learn Science With Ilmusiana

Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA

Berapakah ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola menurut standar FIFA? Bagi kamu yang senang sepak bola, kamu pasti tahu kelengkapan olahraga sepak bola yang satu ini. Gawang merupakan bagian dari kelengkapan sepak bola yang dipasang di lapangan, tepatnya pada masing-masing ujung panjang lapangan. Gawang inilah yang menjadi sasaran dari setiap pemain untuk memasukkan bola sehingga tercipta skor. Begitupun sebaliknya, para pemain harus menjaga gawang ini agar tidak kemasukan bola. 

Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA

Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA

Gawang sepak bola terdiri dari dua tiang sejajar yang berdiri tegak vertikal dengan jarak tertentu pada masing-masing tiang. Di atasnya, diberi tiang mendatar horisontal (mistar) yang menghubungan dua tiang vertikal tadi. Pada sisi belakang gawang ini, dilengkapi dengan jaring sebagai tempat bersarangnya bola ketika terjadi gol. Terdapat satu orang pemain yang ditugaskan untuk menjaga gawang ini, orang tersebut disebut kiper.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang ukuran tinggi dan lebar gawang sepak bola. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin paham mengenai ukuran gawang permainan sepak bola ini.

Gawang Sepak Bola

Gawang Sepak Bola adalah hasil konferensi FA pada bulan Desember tahun 1882. Pada waktu itulah sejarah gawang sepak bola dimulai. Di dalam konferensi tersebut diputuskan bahwa gawang adalah salah satu kelengkapan dari olahraga sepak bola dengan bentuk dua tiang sejajar dan bagian atasnya diberi mistar. Dalam konferensi itu pula diputuskan bahwa jarak dua buah tiang sejajar ini sebesar 8 yard, dengan tinggi mistar dari tanah sebesar 8 kaki.

Sejak saat itu, gawang dipasang di setiap lapangan sepak bola. Pada awal penggunaannya, gawang ini belum dilengkapi dengan jala atau jaring tempat bersarangnya bola. Terdapat kekurangan pada penggunaan gawang di masa-masa awal ini, yakni sering terjadi kesulitan menentukan apakah terjadi gol atau tidak, terutama pada saat bola melesat terlalu cepat. Masalah ini kemudian berhasil di atasi oleh Brodie, seorang warga Liverpol yang mematenkan penggunaan jala/jaring pada gawang tersebut.

Baca Juga:
Secara resmi penggunaan jaring atau jala tersebut di lakukan pada bulan Januari tahun 1981, tepatnya pada pertandingan sepakbola The North bertanding melawan kesebelasan The South. Sejak saat itulah, jaring dijadikan sebagai salah satu standar kelengkapan gawang sepak bola.

Tinggi Gawang Sepak Bola Menurut FIFA

Tinggi gawang sepak bola di ukur dari sisi bawah tiang mistar gawang. FIFA telah menetapkan aturan standar mengenai ukuran tinggi standar dari gawang sepak bola ini. Setiap gawang pada lapangan sepak bola harus mematuhi aturan ini sebagai ketentuan resmi dari FIFA, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Ada beberapa pembagian mengenai ukuran tinggi gawang ini berdasarkan usia pemain dan jenis pertandingan sepak bola. Pembagian tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Tinggi gawang sepak bola dewasa/profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 Yard atau 8 kaki.
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 6, 7, dan 8 tahun = 1,37 - 1,98 meter atau 4,5 - 6,5 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 9 tahun = 1,98 meter atau 6,5 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 10 tahun = 1,98 - 2,13 meter atau 6,5 - 7 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 11 tahun = 1,98 - 2,44 meter atau 6,5 - 8 kaki
  • Tinggi gawang sepak bola pemain usia 12 tahun = 2,13 - 2,44 meter atau 7 - 8 kaki

Lebar Gawang Sepak Bola Menurut FIFA

Lebar gawang sepak bola juga patuh di bawah aturan standar yang telah ditetapkan FIFA. Lebar gawang ini diukur dari dua tiang sejajar yang berdiri vertikal. Setiap lapangan sepak bola yang dipakai dalam pertandingan resmi harus mematuhi ketentuan lebar gawang ini. Ukuran lebarnya menyesuaikan jenis usia dari pemain yang akan bertanding. Berikut ini adalah pembagian dari lebar gawang sepak bola menurut standar FIFA.
  • Lebar gawang sepak bola dewasa/profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 Yard atau 24 kaki.
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 6, 7, dan 8 tahun = 2,74 - 3,66 meter atau 9-12 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 9 tahun = 3,66 - 5,64 meter atau 12-18,5 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 10 tahun = 5,64 - 6,4 meter atau 18,5 - 21 kaki 
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 11 tahun = 5,64 - 7,32 meter atau 18,5 - 24 kaki
  • Lebar gawang sepak bola pemain usia 12 tahun = 6,4 - 7,32 meter atau 21 - 24 kaki

Gambar Gawang Sepak Bola

Untuk membantu pemahaman Anda tentang ukuran panjang dan lebar gawang sepak bola ini, berikut ini kami tampilkan gambar gawang sepak bola lengkap dengan ukurannya:

Ukuran Gawang Sepak Bola

Demikianlah penjelasan tentang Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Tinggi dan Lebar Gawang Sepak Bola Standar FIFA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment