Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar ITTF

Berapakah ukuran panjang dan lebar lapangan tenis meja yang sesuai standar ITTF? Tenis meja adalah olahraga permainan yang menggunakan lapangan berupa meja. Pada bagian tengah di atas meja tersebut membentang jaring/net kecil sebagai penanda dua area pemain yang sedang bertanding. Meja yang digunakan pada permainan tenis meja bukanlah sembarang meja, tetapi meja tersebut memiliki ukuran tertentu yang ditetapkan oleh induk organisasi tenis meja internasional (ITTF). Jadi, panjang dan lembarnya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar ITTF

Bagi kamu yang senang bermain tenis meja, pasti telah familiar dengan lapangan tenis meja tersebut. Lapangan berupa meja ini menjadi kelengkapan utama pada permainan tenis meja, selain bola pimpong, net, dan bet tentunya. Lapangan tenis meja ini memiliki ukuran dalam hal panjang, lebar, dan tingginya dari permukaan tanah. Pada pertandingan nasional dan internasional, ukuran lapangan tenis meja ini sangat diperhatikan untuk menciptakan lapangan tenis meja yang sesuai standar ITTF.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang ukuran lapangan tenis meja menurut standar PTMSI dan ITTF. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin paham tentang lapangan yang digunakan pada olahraga permainan tenis meja.

Ukuran Lapangan Tenis Meja

Hal-hal yang sangat diperhatikan terkait ukuran lapangan lapangan tenis meja adalah panjang, lebar, tebal meja, lebar garis sisi, dan tinggi meja dari lantai. Meja yang digunakan sebagai lapangan tenis meja tersebut terbuat dari kayu keras yang dapat memantulkan bola. Lapangan ini berbentuk empat persegi panjang. Berikut ini adalah ukuran lengkap dari lapangan tenis meja:

Panjang dan Lebar Lapangan Tenis Meja

  • Panjang: 2,74 meter = 274 cm = 8,9 kaki
  • Lebar: 1,52 meter = 152 cm = 4,9 kaki
  • Luas: Panjang x Lebar =  4,16 meter persegi
  • Tebal: 0,03 meter = 3 cm 
  • Lebar garis sisi: 1 cm
  • Tinggi meja dari lantai: 76 cm
Berikut ini kami tampilkan gambar dari ukuran lapangan tenis meja di atas:

Gambar Ukuran Lapangan Tenis Meja

Gambar Ukuran Lapangan Tenis Meja

Ukuran Net Lapangan Tenis Meja

Meja lapangan tenis meja yang telah disediakan, kemudian dilengkapi dengan jaring atau net yang diletakkan tepat di tengah meja atau membagi dua lapangan, menghasilan dua area lapangan tenis meja yang sama besar. Jaring atau net tersebut juga menjadi perhatian yang harus tunduk pada aturan sebagaimana yang ditetapkan oleh ITTF. Berikut ini ketentuannya:
  • Pada permukaan meja lapangan tenis meja, areanya terbagi menjadi dua bagian, dimana kedua area tersebut memiliki ukuran yang sama. Dua area yang sama besar ini dipisahkan oleh sebuah jaring atau net, membentang hingga ke sisi samping meja. Biasanya, sengaja net dilebihkan beberapa cm sebagai tempat mengikat.
  • Jaring atau Net tersebut dibentangkan dan ditegangkan dengan tali yang kedua sisinya diikat pada tiang penyangga dengan tinggi 15,25 cm. Sementara sisi batas pada kedua tiang penyangga mempunyai jarak 15,25  cm dari sisi batas permukaan meja.
  • Menurut ketentuan, panjang keseluruhan net permainan tenis meja yang telah terbentang tersebut dari sisi kiri ke kanan harus berukuran 1,83 meter. Sementara seluruh tinggi jaring atau net, dari ujung atas ke permukaan meja adalah 15,22 cm.

Kelengkapan Lain Tenis Meja

Selain lapangan dan net, kelengkapan lain yang diperlukan untuk memainkan olah raga tenis meja adalah:

1. Bet Tenis Meja

raket bet tenis meja

Permainan tenis meja menggunakan raket kecil yang disebut bet. Bet ini memiliki standar ukuran tertentu yang ditetapkan oleh ITTF. Raket pemukul ini harus terbuat dari kayu. Pada bagian daunnya dilapisi dengan karet berbintik dengan tebal 2 mm yang menonjol ke luar. Ada juga bet yang dilapisi karet berbusa dan karet berbintik yang menonjol ke luar dan ke dalam. Bet seperti ini memiliki tebal keseluruhan sebesar 4 mm. Berikut ini spesifikasi lengkapnya:
  • Ukuran bet pada permainan tenis meja adalah bebas, artinya ukuran dan beratnya tidak ditentukan
  • Pada bagian raket yang bundar daun atau blade, yang mengenai bola saat bermain tenis meja, seluruhnya harus dibuat dari bahan kayu, ketebalannya merata, kaku dan datar.
  • Pada setiap sisi bagian permukaan bet, baik dipakai memukul bola atau tidak, ditetapkan harus memiliki warna gelap suram, kemudian semua pinggiran atas bet yang menjadi hiasan blade bukan warna putih atau warna yang dapat memantulkan cahaya.

2. Bola Tenis Meja

bola tenis meja

Bola pada permainan tenis meja berbentuk bulat dan terbuat dari bahan seluloid putih dengan ukuran:
  • Bola pimpong (tenis meja) memiliki ketentuan berat 24 - 25,3 gram dan diameter 37,2 - 38,2 mm.
  • Bola pimpong berwarna orange atau putih serta dibuat dari bahan seluloid putih dan ringan.
  • Pantulan bola pimpong harus mencapai 24 - 25 cm  pada pantulan pertama jika dijatuhkan.
  • Bola pimpong tenis meja ini biasanya memiliki satu sampai tiga tanda bintang yang menandakan kualitas bola tenis meja tersebut. Tiga bintang adalah tanda yang menunjukkan kualitas bola tenis meja terbaik yang dapat digunakan pada turnamen resmi.
Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar ITTF. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
[Jawaban] Ukuran Lapangan Tenis Meja Standar ITTF Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment