Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Meroda

Bisakah kamu jelaskan cara melakukan gerakan meroda? Gerakan Meroda  atau Radschlag adalah suatu gerakan ke samping, pada satu saat bertumpu atas kedua tangan dengan kaki terbuka lebar. Gerakan meroda dapat dilakukan dengan gerakan ke kanan dan ke kiri atau gerakan sebaliknya. Gerakan meroda bisa dilakukan dengan satu tangan, tetapi ini membutuhkan koordinasi tubuh yang baik agar hasil gerakan merodanya terlihat sempurna. Gerakan meroda juga menjadi alternatif dari senam lantai tanpa menggunakan alat. Disebut sebagai gerakan meroda karena gerakannya memang menyerupai roda berputar dengan rotasi penuh. 

Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Meroda

Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Meroda

Nah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan tentang cara melakukan gerakan meroda. Semoga setelah membaca uraian ini, kamu bisa lebih memahami mengenai bagaimana cara melakukan gerakan meroda tersebut.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Tutorial cara melakukan gerakan meroda ini akan dibagi ke dalam empat cara, kamu bisa memilih cara mana yang kamu sukai. Sengaja kami berikan banyak cara sebab tidak semua orang cocok pada satu cara melakukan gerakan meroda. Jadi, silahkan kamu pilih cara yang dirasa cocok. Baiklah, kita mulai saja cara pertama.

1. Cara 1 Gerakan Meroda

Untuk melakukan cara pertama gerakan meroda ini kamu harus memastikan bahwa kekuatan kaki dan lengan kamu sudah terlatih. Hal ini akan sangat mendukung berhasil tidaknya kamu melakukan gerakan meroda. Cara pertama ini terdiri beberapa langkah, antara lain:
  • Kamu harus berdiri tegak dengan kedua kaki, lebar kaki kira-kira selebar bahu.
    Rentangkan tangan lurus ke atas, kira-kira membentuk huruf "V"
  • Arahkan pandangan lurus ke depan
  • Arahkan tubuhmu ke arah samping kanan atau kiri dengan satu tangan menyentuh lantai atau matras yang diikuti oleh tangan yang lainnya dengan posisi terbalik. Pada langkah ini, usahakan kakimu mengikuti gerakan dengan mengangkatnya ke atas serta terbuka lebar.
  • Gerakan meroda akan diselesaikan dengan meletakkan kaki kanan di samping kaki kiri. 
  • Posisi kedua tangan terangkat lurus ke atas sampai tubuh berada dalam posisi tegak lurus seperti posisi di awal gerakan.

2. Cara 2 Gerakan Meroda

Cara kedua ini adalah gerakan meroda dengan menggunakan dua tangan. Cara ini diawali dengan posisi berdiri, kemudian tubuh agak dicondongkan ke depan menyerupai posisi akan berjongkok. Selanjutnya, letakkan satu tangan ke lantai dan angkat kaki ke udara. Saat melakukan gerakan ini, tangan yang satunya juga berfungsi untuk menopang berat badan dan ayunkan kaki dengan posisi direntangkan secara vertikal menyerupai huruf "V". Pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman agar gerakan ini dilakukan dengan sempurna, serta pakailah matras sebagai alas. 

Posisi Tangan Pada Cara 2

Untuk melakukan gerakan meroda cara 2 ini, pastikan lengan kamu cukup kuat untuk menahan berat tubuh sebab saat gerakan meroda dilakukan maka seluruh berat badan akan bertumpu pada lengan. Supaya lebih mudah, kamu bisa berlatih handstand terlebih dahulu sampai kamu merasa nyaman dan kekuatan lenganmu sudah terlatih. Dalam gerakan meroda cara 2 ini, tangan tidak akan digunakan untuk menumpu terlalu lama tergantung dari kekuatan otot untuk memutar kaki. Namun kekuatan tangan tetap penting untuk mencegah terjadinya cedera dan bisa melakukan gerakan yang sempurna.

Posisi Kaki pada Cara 2

Jika lengan kamu sudah terbiasa menahan badan dalam posisi terbalik, maka berlatihlah untuk selalu mempertahankan bentuk kaki yang benar,  oleh karena gerakan meroda cara 2 ini berada dalam satu garis lurus dan kaki harus bergerak vertikal pada titik tertentu yang membutuhkan momentum yang tepat untuk dijadikan pusat gerak.

3. Cara 3 Gerakan Meroda

Cara ketiga ini dilakukan dengan gerakan meroda menggunakan satu tangan yang merupakan salah satu senam lantai mirip teknik lompat katak. Kamu harus terlebih dulu menguasai gerakan meroda dengan dua tangan dan lakukan gerakan meroda ke arah kiri dan kanan untuk meningkatkan bentuk gerakan dan kekuatan bahu sebelum berlatih gerakan meroda satu tangan ini. Ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Ambillah posisi seperti akan melakukan gerakan meroda dua tangan dan angkat sedikit kaki belakang dari lantai
  • Tangan direntangkan ke atas membentuk huruf "V" seperti saat melakukan gerakan meroda dua tangan. 
  • Jika kaki kanan yang berada di depan, maka tangan kanan ditekuk di belakang punggung, namun jika masih takut maka tangan bisa ditekuk sedikit saja sehingga bisa digunakan menopang tubuh saat terjatuh.
  • Jika kamu sudah melakukan gerakan dengan kaki kanan di depan, maka letakkan tangan kiri di lantai begitu pun sebaliknya. 
  • Pastikan posisi tangan kamu tegak lurus dengan arah meroda. 
  • Lakukan tolakan dengan kaki bagian belakang dan angkat kaki ke udara. 
  • Semakin banyak momentum yang digunakan, maka gerakan meroda kamu dengan satu tangan semakin mudah untuk dilakukan dan usahakan untuk bertolak dan mendarat dalam satu garis lurus. 
  • Meroda dengan satu tangan akan lebih mudah kamu lakukan jika momentum dan kecepatan sudah terlatih dengan baik sehingga cobalah melakukan gerakan meroda menggunakan satu tangan berkali kali secara perlahan atau tambahkan dengan sedikit gerakan berlari kecil sebagai momentum sebelum melakukan gerakan ini. 

4. Cara 4 Gerakan Meroda

Cara keempat gerakan meroda ini dengan meminta bantuan teman. Cara ini disarankan untuk para pemula. Ada baiknya melakukan gerakan meroda ini dengan meminta bantuan teman. Teman tersebut akan membantu dengan cara berdiri di belakang kamu yang akan melakukan gerakan meroda lalu memegang bagian pinggul hingga gerakan meroda ini selesai dilakukan.

Hal ini akan berfungsi untuk mempermudah gerakan meroda dilakukan karena bantuan menahan pinggul yang dilakukan teman tersebut. Tentu saja melakukan gerakan meroda dengan berlatih bersama teman juga lebih seru dan lebih terjamin keamanannya, khususnya bagi kamu yang masih pemula. 

Manfaat Gerakan Meroda

Manfaat gerakan meroda adalah sebagai berikut:  
  1. Salah satu gerakan senam yakni gerakan meroda ini sangat baik dilakukan untuk tubuh seperti meningkatkan kelenturan dan refleksi tubuh terhadap sebuah gerakan. 
  2. Selain itu, gerakan senam ini juga sangat baik dilakukan untuk melatih keseimbangan tubuh,
  3. Memperlancar aliran darah di dalam tubuh dan juga otak. 
  4. Gerakan meroda yang terlihat cukup sederhana ini sering dianggap hanya sebagai permainan namun sebenarnya merupakan salah satu jenis dari bagian senam lantai selain teknik lompat harimau yang sangat baik dilakukan untuk kesehatan.

Kesalahan Dalam Gerakan Meroda

Ada beberapa macam kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula pada saat mulai gerakan meroda sehingga hasil gerakan meroda ini terlihat kurang sempurna dan harus dilatih berkali kali sampai menghasilkan gerakan meroda yang benar. Beberapa kesalahan tersebut diantaranya adalah:
  1. Lemparan atau hentakkan kaki terlalu ditahan atau terlalu kuat.
  2. Hentakkan kaki yang seharusnya terarah ke atas namun terarah ke depan
  3. Tangan pertama yang digunakan sebagai tumpuan diletakkan terlalu dekat dengan tolakkan kaki
  4. Tangan tidak lurus atau kedua siku masih dalam posisi agak tertekuk
  5. Badan kurang melenting dengan sempurna. 
Demikianlah penjelasan tentang Cara Melakukan Gerakan Meroda. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Jelaskan Cara Melakukan Gerakan Meroda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment