Learn Science With Ilmusiana

Mengenal Pencipta Lagu "Ampar Ampar Pisang"

Siapakah pencipta lagu Ampar Ampar Pisang? Masyarakat Indonesia sangat familiar dengan lagu ini, khususnya kalangan anak-anak. Lirik lagunya yang sederhana menjadikan lagu Ampar Ampar Pisang sangat mudah untuk dihafalkan. Lagu ini bisa membangun suasana riang gembira saat dinyanyikan, karena liriknya yang begitu ceria. Itulah lagu Ampar Ampar Pisang yang telah melekat kuat diingatan masyarakat Indonesia.

Pencipta Lagu Ampar Ampar Pisang


Pencipta Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar pisang memiliki garis melodi yang sederhana, mudah dinyanyikan, dan memiliki karakter lagu yang riang. Semua hal ini membuat lagu Ampar Ampar pisang bisa diterima oleh seluruh anak Indonesia. Lagu Ampar Ampar Pisang berasal dari Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang pencipta lagu Ampar-Ampar Pisang. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin mengetahui dan memahami siapa pencipta lagu Ampar Ampar Pisang ini. 

Pencipta Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu "Ampar Ampar Pisang" diciptakan oleh Hamiedan AC. Beliau lahir di Kandangan, Kalimantan Selatan pada tanggal 26 September 1940 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 10 Desember 1997. Hamiedan AC terkenal sangat senang bernyanyi dan menciptakan lagu. Ia merupakan salah satu maestro lagu daerah Banjar. Ada banyak lagu Banjar yang diciptakan oleh Hamiedan AC, dan sering dinyanyikan oleh para penyanyi nasional. 

Baca Juga:
Pada tahun 1980-an, Hamiedan AC sangat aktif mengaransir lagu anak-anak yang dinyanyikan oleh Ira Maya Sopha dan Puput Novel. Ia jugam menciptakan lagu jenis langgam keroncong yang dinyanyikan oleh Sundari Sukoco, Mus Mulyadi, dll.  

Sejarah Lagu Ampar Ampar Pisang

Lagu Ampar Ampar Pisang ini pada awalnya dinyanyikan secara iseng saat masyarakat Kalimantan Selatan membuat sebuah kue/makanan yang terbuat dari pisang. Makanan ini bernama rimpi. Isi dari lagu Ampar Ampar Pisang menceritakan tentang pisang yang dihampar dan dikerubuti binatang kecil-kecil yang bisa terbang dan senang dengan aroma pisang. Lagu ini menggunakan bahasa Banjar.

Namun, seiring dengan penyebaran budaya, lagu ini menjadi lagu permainan anak-anak di Kalimantan Selatan dan kini permainan ini tidak hanya dilakukan oleh anak-anak di tempat asalnya. Permainan ini sudah dimainkan oleh anak-anak di daerah lain di seluruh Indonesia.

Lirik Lagu Ampar Ampar Pisang

Berikut ini lirik lagi Ampar Ampar Pisang ciptaan Hamiedan AC ini:
Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi dihurung bari-bari
Masak bigi dihurung bari-bari

Manggalepak manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya cang curupan

Nang mana batis kutung
Dikitipi dawang (2x)

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi dihurung bari-bari
Masak bigi dihurung bari-bari
Demikianlah informasi tentang Pencipta Lagu Ampar Ampar Pisang. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Mengenal Pencipta Lagu "Ampar Ampar Pisang" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment