Learn Science With Ilmusiana

Inilah Pencipta Lagu Pelangi Pelangi

Siapakah pencipta lagu pelangi-pelangi? Kita pasti pernah mendengar atau menyanyikan lagu pelang-pelangi. Lagu ini banyak diajarkan oleh guru-guru kepada siswa-siswi di sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Lirik lagunya sangat asyik dan menghibur, menceritakan tentang keindahan bentuk dan warna pelangi sesaat setelah hujan reda. Lagu ini juga secara tidak langsung mengajarkan kita untuk mengagumi karya Sang Pencipta.

Pencipta Lagu Pelangi Pelangi

Pencipta Lagu Pelangi Pelangi

Lagu pelangi-pelangi memang sangat fenomenal. Liriknya yang sederhana membuat anak-anak mudah menghapalnya. Bahkan, sampai sekarang pun kita pasti masih hafal dengan lirik lagu ini, meskipun kita telah lama tamat dari sekolah TK. Yah, seperti itulah lagu pelangi-pelangi, sangat membekas di benak anak Indonesia.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang orang yang menjadi pencipta lagu pelangi-pelangi. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin mengetahui dan memahami lagu pelangi-pelangi ini.

Pencipta Lagu Pelangi-Pelangi

Lagu pelangi-pelangi diciptakan oleh A. T. Mahmud, atau Abdullah Totong Mahmud. Beliau adalah laki-laki kelahiran Palembang, Sumatera Selatan pada tanggal 3 Februari 1930, tepatnya di Kampung 5 Ulu Kedukan Anyar. Masa kecil AT Mahmud banyak dilaluinya di kota Muara Enim, tempat ayahnya bertugas sebagai pegawai pemerintahan ketika itu, dari jaman Belanda sampai jaman Jepang, beliau merupakan anak kelima dari sepuluh bersaudara. Ayahnya bernama Masagus Mahmud, sedangkan ibunya bernama Masayu Aisyah. 

Mahmud ini oleh orangtuanya diberi nama Masagus Abdullah Mahmoed dan dipanggil Dola. Namun, karena di rumah dan teman-teman sekolah sering memanggilnya Totong, maka pada ijazah sekolah menengah umum bagian pertama (setingkat SLTP), namanya tertulis Totong Mahmud. 

Baca Juga:
A. T. Mahmud pernah bersekolah di Sekolah Rakyat saat tinggal di Sembilan Ilir. Setelah itu, ia kemudian dipindahkan ke Hollandsch Inlandsche School (HIS) 24 Ilir. Di sekolah HIS inilah A. T. Mahmud mendapatkan pengajaran yang sangat baik tentang musik dari para guru-gurunya. Beliau diajarkan tentang urutan nada, notasi angka, dan bernyanyi. 

Pak A. T. Mahmud dikenal sangat mencintai anak-anak. Dan rasa cinta dan kedekatannya dengan anak-anak, tereiptalah ratusan karya lagu anak-anak yang sangat populer, antara lain "Pelangi", "Bintang Kejora", "Cicak-cicak di Dinding", "Main Ayunan", "Suka Cita", "Anak Gembala", "Kunang-kunang", "Mendaki Gunung", dan "Kereta Apiku". Pencipta lagu anak-anak legendaris tersebut telah meninggal dunia pada 6 Juli 2010 lalu dalam usia 80 tahun. 

Terciptanya Lagu Pelangi-Pelangi

Terciptanya lagu pelangi-pelangi bermula saat ia mengantar anaknya, Rika, yang masih berusia lima tahun ke sekolah di TK. Di tengah perjalanan, Rika melihat dan berteriak, "Pelangi!" sambil menunjuk ke arah langit. A. T. Mahmud pun mulai menyanyikan pelangi, mencari kata-kata yang tepat yang menjadi pikiran anak kecil, selanjutnya ketika tiba di rumah, A. T. Mahmud iringi dengan gitar dan jadilah sebuah lagu "Pelangi-Pelangi".

Lirik Lagu Pelangi-Pelangi

Berikut ini adalah lirik dari lagu Pelangi-Pelangi tersebut:
Pelangi pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau dilangit yang biru
Pelukismu agung siapa gerangan
Pelangi pelangi ciptaan tuhan
Demikianlah informasi tentang Pencipta Lagu Pelangi-Pelangi. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Inilah Pencipta Lagu Pelangi Pelangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment