Learn Science With Ilmusiana

Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA

Berapakah ukuran gawang futsal menurut standar FIFA? Lebar dan tinggi gawang futsal tunduk pada aturan yang telah ditetapkan FIFA. Gawang adalah tempat pemain memasukkan bola untuk menciptakan skor saat pertandingan berlangsung. Gawang pada permainan futsal ukurannya jauh lebih kecil, dibandingkan dengan gawang pada sepak bola. Mengingat, ukuran lapangan futsal juga masuk ke dalam kategori mini. 

Terdapat satu orang pemain yang bertugas untuk menjaga gawang tersebut. Pemain itu disebut dengan kiper, tugasnya sama dengan pada permainan sepak bola, yaitu mencegah bola agar tidak masuk ke gawang. Sekilas, bentuk gawang pada olahraga futsal sama dengan gawang sepak bola, yaitu dua buah tiang tegak vertika yang dihubungkan oleh palang atau mistar horisontal pada bagian atasnya. Perbedaannya terletak pada ukuran gawang tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan ukuran gawang futsal menurut standar FIFA. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin mengetahui dan memahami berapa ukuran gawang sepak bola mini ini.

Ukuran Gawang Futsal

Pada permainan futsal, gawang wajib ditempatkan di bagian tengah dari masing-masing garis gawang. Gawang futsal terdiri dari dua tiang gawang (goal post) yang sama dari masing-masing sudut. Masing-masing puncak dua tiang itu dihubungkan dengan palang gawang secara horisontal (mistar).

Jarak antara 1 tiang vertikal dengang tiang vertikal lainnya adalah 3 meter, diukur dari masing-masing sisi dalam tiang. Jarak ini sekaligus menjadi ukuran lebar dari gawang futsal. Sedangkan, jarak antara palang (mistar) gawang dengan permukaan lapangan adalah 2 meter, diukur dari sisi dalam mistar. Jarak ini sekaligus menjadi ukuran tinggi gawang futsal.

Baca Juga:
Dua tiang dan satu palang yang digunakan untuk membuat gawang, ukurannya harus sama besar, yaitu berdiameter 8 cm. Bahan yang disarankan untuk jadikan sebagai tiang adalah besi atau kayu, dengan bentuk bulat atau kotak. Tetapi, bentuk bulat lebih banyak dipilih sebagai bentuk tiang karena memiliki ketepatan pantulan bola saat membentur tiang gawang. Di samping itu, bentuk bulat juga dirasa lebih aman dibandingkan bentuk kotak.

Setelah semua tiang dan palang terpasang, gawang ini kemudian diberi jaring yang terbuat dari bahan nilon. Jaring tersebut dikaitkan ke palang dan tiang gawang. Kedalaman jaring untuk bagian atas gawang adalah 80 cm dan untuk bagian bawah sebesar 100 cm. Gawang pada permainan futsal bisa dipindah-pindah.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal
Berikut ini adalah spesifikasi ukuran lengkap gawang futsal:
  • Lebar gawang: 3 meter
  • Tinggi gawang: 2 meter
  • Diameter tiang: 8 cm
  • Bahan tiang: kayu atau besi
  • Bentuk tiang: kotak atau bulat
  • Bahan jaring: nilon

Aturan Tentang Gawang Futsal

Selain ukuran gawang, terdapat aturan tambahan mengenai gawang permainan futsal, antara lain sebagai berikut:
  • Gawang futsal terdiri dari dua tiang sejajar dengan posisi vertikal (tiang gawang) berjarak sama dari sudut-sudutnya. Dua tiang tersebut dihubungkan oleh tiang horisontal di bagian atas (tiang palang). 
  • Gawang futsal harus ditempatkan pada bagian tengah setiap garis gawang.
    Jaring futsal dapat dibuat dari nilon dan melekat pada bagian belakang dari tiang gawang futsal dan tiang palang.
  • Gawang futsal dapat dipindah-pindah tetapi harus dapat tetap kokoh di permukaan lapangan saat pertandingan futsal berlangsung.
  • Penampang gawang futsal harus berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran atau elips. Penampang gawang futsal dianjurkan berbentuk lingkaran karena lebih aman apabila terjadi benturan. Serta pantulan bola futsal dengan tiang gawang berpenampang lingkaran menghasilkan arah yang akurat.

Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA

Berikut ini adalah ukuran gawang futsal yang sering digunakan dalam pertandingan futsal yang digelar oleh FIFA:
  • Jarak antara kedua tiang gawang futsal adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang 
  • Jarak dari tiang palang gawang futsal ke lantai adalah 2 meter di ukur dari tiang horizontal bagian dalam sampai ke permukaan lantai.
  • Kedua tiang gawang futsal dan tiang palang gawang futsal memiliki ketebalan atau diameter 8 cm.
  • Kedalaman gawang futsal berukuran 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah gawang futsal
Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA. Bagikan materi ini agar orang lain bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Ukuran Gawang Futsal Standar FIFA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment