Learn Science With Ilmusiana

Bola Voli: Ukuran dan Berat Standar (Gambar Lengkap)

Berapa sih ukuran dan berat bola voli itu? Semua orang pasti tahu permainan yang satu ini. Bola voli adalah olahraga permainan yang disukai oleh banyak orang, pria dan wanita, di kota dan di desa. Hampir di setiap tempat kita bisa menemukan lapangan tempat bermain bola voli. Bahkan, di area perumahan pun yang terkenal memiliki lahan terbatas, terkadang masih kita temukan lapangan voli yang "terselip" di antara rumah-rumah.

Bola Voli

Bola Voli: Ukuran dan Berat Standar (Gambar Lengkap)

Untuk memainkan bola voli, maka kita membutuhkan kelengkapan-kelengkapan penunjang. Salah satu diantaranya adalah bola voli. Di pasaran, terdapat bermacam-macam ukuran bola voli, baik yang standar nasional / internasional ataupun yang tidak standar. Bola voli standar biasanya kerap digunakan untuk keperluan pertandingan resmi, sedangkan yang tidak standar hanya untuk sekedar bermain biasa saja.

Nah, fokus pembahasan kita kali ini akan menguraikan tentang ukuran dan berat voli standar nasional dan internasional. Artinya, bola voli yang digunakan pada setiap pertandingan. Para produsen bola voli menggunakan aturan atau ketentuan ukuran bola voli internasional setiap memproduksi bola.

Baca Juga:
Lantas, berapakah sebenarnya ukuran dan berat bola voli itu? Yuk, berikut ini uraian lengkapnya...

Ukuran Bola Voli

Ukuran berat Bola Voli standar internasional nasional

Bola voli standar yang dipakai pada pertandingan resmi haruslah tunduk pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh organisasi bola voli nasional dan internasional (PBVSI dan FIVB). Beberapa segi yang menjadi penilaian bola voli standar adalah bahan pembuatan bola, keliling, berat, tekanan, bentuk, warna, dll. 

Di halaman 9 dalam buku peraturan resmi bola voli internasional telah diatur ketentuan-ketentuan standar mengenai bola voli, antara lain sebagai berikut:

1. Bahan Pembuatan Bola Voli

Menurut Federation Internationale de Volleyball (FIVB), bola standar yang digunakan dalam permainan bola voli terbuat dari bahan kulit. Selain menggunakan bahan kulit asli, pembuatan bola voli biasanya menggunakan juga bahan kulit buatan (sintesis). Bahan kulit tersebut harus lentur, di bagian dalamnya terbuat dari karet atau bahan sejenisnya.

2. Warna Bola Voli

Bola voli harus menggunakan satu atau kombinasi dari beberapa warna. Umumnya, bola voli sering ditemukan dengan warna putih, tetapi sekarang ini banyak juga yang berwarna-warni hasil kombinasi dari beberapa warna. Tujuannya adalah agar para pemain bisa melihat dengan jelas perputaran bola.

3. Keliling Bola Voli

Bola voli yang berbentuk bulat dibuat dengan keliling tertentu. Menurut FIVB, panjang keliling lingkaran bola voli adalah 65 cm - 67 cm. Jadi, kalau ada bola vola yang kelilingnya tidak sesuai dengan aturan ini, maka bola tersebut bukanlah bola voli standar.

4. Berat Bola Voli

Berat bola voli standar resmi pertandingan nasional dan internasional adalah 260 gram - 280 gram. Tetapi, sedikit perbedaan pada permainan bola voli pantai yang berat bolanya sedikit lebih besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan bola dari tiupan angin yang berhembus kencang di pantai.

5. Tekanan Bola

Tekanan di dalam bola voli adalah 0,30 kg/cm2 - 0,325 kg/cm2 atau 4,26 Psi - 4,61 Psi atau 294,3 mbar - 318,82 mbar.

Demikianlah penjelasan tentang Ukuran Berat Bola Voli. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Bola Voli: Ukuran dan Berat Standar (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment