Learn Science With Ilmusiana

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam

Tahukah kamu, ternyata garam bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet. Dengan cara ini, kita bisa mengatasi WC mampet sendiri, tanpa harus menghubungi jasa penyedot WC. WC mampet sangat bikin jengkel, ada yang bilang bisa di atasi dengan soda api. Tetapi beberapa orang mengatakan jangan pakai soda api, karena kata orang cara itu tidak akan bertahan lama, malah makin parah nanti nya.

WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam

Sebenarnya, ada beberapa penyebab mengapa sehingga WC gampang mampet. Bisa karena desain awal dari WC itu sendiri. Kemiringan pipa dari WC ke septic tank sangat berpengaruh. Apakah sudah cukup miring, karena kalau kemiringannya kurang, maka kotoran gampang berhenti di tengah jalan menuju septic tank, atau bisa juga karena pipa yang berlubang, mungkin karena tikus atau sebab lainnya.

WC mampet bisa juga disebabkan oleh pipa hawa atau udara dari septic tank tertutup atau tidak ada sama sekali. Pipa ke atas ini cukup penting agar udara dari dalam septic tank tidak menahan air dan tinja yang akan masuk. Kalau pakai rembesan, sebaiknya jangan membuang bahan yang bisa mematikan jenis belatung dll.

Baca Juga:
Lantas, bagaimana cara mengatasi WC yang sudah terlanjur mampet? Salah satu caranya akan kami share dalam artikel ini. Teknik ini menggunakan garam sebagai bahan utama. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengatasi WC mampet dengan mudah.

Cara Mengatasi WC Mampet

Jangan sampai salah dalam mengatasi WC mampet. Karena, tidak jarang cara kita membersihkan wc sendiri bisa membuat wc makin tersumbat. Misalnya yang sering banget terjadi adalah membersihkan wc dengan bahan kimia yang di jual di pasaran,itu dapat menyebabkan bakteri yang tugasnya memakan tinja menjadi mati. Kalau bakterinya berkurang karena mati akibat bahan kimia pembersih wc, yah mau tidak mau nanti akhirnya WC akan mampet dong.

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam

Cara yang aman untuk mengatasi WC mampet adalah dengan menggunakan garam kasar. Cara ini sangat aman dan tidak akan mematikan bakteri pengurai tinja yang ada di dalam septic tank. Selain itu, garam kasar sangat murah, tidak semahal produk pembersih kimia yang banyak dijual di pasaran. Keuntungan lainnya adalah bahan ini sangat mudah untuk didapatkan.

Langkah-Langkah Mengatasi WC Mampet Dengan Garam

Adapun langkah-langkah mengatasi WC mampet dengan garam adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan dua bungkus garam kasar
  2. Buka bungkus garam, kemudian tuangkan ke dalam lubang WC
  3. Diamkan selama 2 jam
  4. Setelah itu, siram dengan air panas
Gimana, cukup simpel bukan caranya? Biasanya, setelah melakukan cara di atas WC mampet langsung plong. Membersihkan WC dengan garam lebih aman dan menyuburkan bakteri pemakan tinja. Jadi, akan terjadi simbiosis mutualisme, kita beri garam biar bakteri subur, sebagai gantinya WC kita jadi tidak tersumbat lagi.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Garam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment