Learn Science With Ilmusiana

Maksud Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Dalam teks eksplanasi, ada yang disebut dengan hubungan kausalitas. Tahukah kamu apa maksudnya? Hubungan atau konjungsi adalah salah satu kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi. Ada dua jenis hubungan yang dikenal dalam teks eksplanasi, yaitu hubungan waktu (kronologis) dan hubungan kausalitas (sebab-akibat).

Hubungan Kausalitas Teks Eksplanasi

Apa Yang Dimaksud Dengan Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Hubungan (konjungsi) waktu, temporal, atau kronologis adalah hubungan yang terdapat dalam teks eksplanasi yang menjelaskan tentang kronologi suatu kejadian. Contoh dari hubungan waktu adalah; kemudian, setelah itu, lalu, pada akhirnya. Lantas, bagaimana dengan hubungan kausalitas? Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

Nah, pada kesempatan kali ini, uraian kita akan berfokus pada hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi. Kami akan menjelaskan apa itu hubungan kausalitas dan penerapannya dalam teks eksplanasi. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang teks eksplanasi semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Maksud dari hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah kalimat yang menjelaskan tentang hubungan sebab-akibat (kausalitas) suatu peristiwa atau fenomena. Dalam pengertian yang lain, hubungan kausalitas adalah gabungan dua klausa atau lebih yang memiliki hubungan sebab-akibat. Hubungan kausalitas ditandai dengan kata; jika, bila, kalau, sehingga, oleh karena itu, maka, karena, dan oleh sebab itu.

Contoh Hubungan Kausalitas dalam Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah contoh kutipan teks eksplanasi yang mempunyai hubungan kausalitas:
  1. Kantong semar tumbuh di rawa-rawa. Tambahan makanan tumbuhan ini adalah serangga yang banyak mengandung nitrogen. Kantung semar membutuhkan banyak nitrogen karena hidupnya di rawa-rawa yang kurang nitrogen.
  2. Para petani banyak menggunakan pupuk kimia (non-organik) dan pestisida yang berlebihan saat ini. Akibatnya dapat memengaruhi populasi hewan maupun cacing yang ada di dalam tanah. Di samping itu, pestisida yang disemprotkan ke tanaman, sebagian dapat terbawa oleh air ke saluran atau sungai yang dapat membunuh semua jenis kehidupan.
Pada contoh dua kutipan di atas terdapat hubungan kausalitas. Hal ini dibuktikan oleh adanya kata hubung yang menunjukkan sebab-akibat, yaitu karena pada kutipan pertama, dan akibatnya pada kutipan kedua.

Demikianlah penjelasan tentang Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Maksud Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment