Learn Science With Ilmusiana

Arti Sawadikap: Inilah Penjelasannya

Pernahkah kamu mendengar kata sawadikap? Menurut kamu apa arti dari kata ini? Saat kita membuka kamus bahasa Indonesia, kata sawadikap tidak akan pernah kita temukan. Mengapa demikian? Hal ini karena sawadikap bukanlah kata atau istilah yang berasal dari bahasa Indonesia. Tetapi, entah kenapa kata ini viral di Indonesia dan membuat orang penasaran mengenai artinya.

Sawadikap (สวัสดี ค่ะ)

Arti Sawadikap: Inilah Penjelasannya
Sekarang coba kamu ketikkan kata sawadikap di google, maka akan muncul hal-hal yang berkaitan dengan Thailand. Jadi, sepertinya kata ini berasal dari bahasa Thailand. Kok bisa yah kata Sawadikap viral di kalangan netizen dalam negeri? Bahkan, oleh beberapa orang kata ini dimasukkan ke dalam ketegori bahasa gaul.

Berkat kemajuan teknologi masa kini membuat arus pertukaran informasi terjadi sedemikian cepatnya. Istilah-istilah yang sebelumnya hanya digunakan di luar negeri, ikut diadopsi oleh masyarakat kita, dan menjadi ucapan sehari-hari. Apalagi, netizen Indonesia memang terkenal hobi memviralkan sesuatu.

Oleh karena kata sawadikap terlanjur digunakan juga di Indonesia, maka mau tidak mau kita harus menjelaskan artinya agar orang-orang tidak bingung ketika mendengar kata ini diucapkan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang sawadikap artinya apa.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Arti Sawadikap

Sawadikap (สวัสดี ค่ะ) adalah ucapan salam yang berasal dari bahasa Thailand yang memiliki arti "selamat pagi, selamat siang, selamat sore, atau selamat malam". Kata ini sering diucapkan oleh orang Thailand saat bertemu dengan orang lain di suatu tempat. Jadi, artinya bisa berbeda-beda tergantung kapan kata ini diucapkan. Jika diucapkan di pagi hari, maka sawadikap berarti "selamat pagi". Jika diucapkan di siang hari, maka sawadikap berarti "selamat siang", dan seterusnya.

Sebenarnya, di Thailand kata sawadikap memiliki dua versi, yaitu Sawatdii Khrap (สวัสดี ครับ) dan Sawatdii Kha (สวัสดี ค่ะ). Sawatdii Khrap adalah ucapan salam yang ditujukan kepada laki-laki, sedangkan Sawatdii Kha adalah ucapan salam yang ditujukan kepada perempuan.

Jadi, Sawadikap berfungsi sama dengan good morning dalam bahasa Inggris, atau selamat pagi dalam bahasa Indonesia.

Sawadikap adalah Bahasa Thailand

Jadi, telah jelas bahwa sawadikap adalah kata yang berasal dari bahasa Thailand, artinya ucapan selamat. Thailand adalah negara Asia Tenggara yang menggunakan bahasa Thai sebagai bahasa aslinya. Thai adalah bahasa yang serumpun dengan bahasa Tai dan termasuk ke dalam kelompok bahasa Tai-Kadai.

Keunikan dari bahasa Thai adalah makna atau arti katanya sangat bergantung kepada tinggi rendahnya nada saat suatu kata diucapkan. Contohnya, suatu kata yang diucapkan dengan tinggi berbeda artinya saat kata itu diucapkan dengan nada rendah. Sangat unik bukan?

Itulah sebabnya, bahasa Thai termasuk salah satu bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari, apalagi dikuasai. Selain Thailand, bahasa Thai bisa ditemukan penggunaannya di negara Laos, Kamboja, dan Myanmar Selatan, dan Malaysia Utara.

Demikianlah penjelasan tentang Arti Sawadikap. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Arti Sawadikap: Inilah Penjelasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment