Learn Science With Ilmusiana

Alasan Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal

Tahukah kamu penyebab mengapa sehingga indra perasa / peraba bukan merupakan pengukur suhu yang andal? Saat kita hendak mencicipi hidangan makanan yang baru saja matang, yang selalu kita lakukan adalah merabanya terlebih dahulu, apakah masih sangat panas atau panasnya telah berkurang sehingga bisa untuk dimakan. Cara ini merupakan contoh paling sederhana dalam kegiatan pengukuran suhu yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Suhu

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal

Untuk keperluan sederhana, pengukuran suhu dengan indra perasa telah cukup memadai. Tetapi, akan lain ceritanya jika suhu tersebut digunakan untuk keperluan bidang ilmu pengetahuan, kesehatan, dan industri, maka sangat diperlukan data pengukuran suhu yang akurat. Suhu tersebut harus dinyatakan besarnya secara kuantitatif atau dengan angka.

Lantas, mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa sehingga indra perasa bukanlah pengukur suhu yang andal untuk digunakan. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang suhu semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal

Alasan mengapa sehingga indra perasa / peraba bukan merupakan pengukur suhu yang andal adalah Meskipun, indra perasa dapat merasakan suhu, tetapi tidak dapat menentukan suhu dengan tepat. Banyak percobaan yang menunjukkan bahwa indra perasa dengan menggunakan kulit tidak bisa diandalkan untuk mengukur suhu. Informasi suhu yang diberikan tangan sangat bergantung pada suhu yang dirasakan sebelumnya.

Selain tidak akurat, pengukuran suhu dengan tangan bisa menimbulkan kerusakan pada tangan. Kerusakan ini bisa terjadi kalau benda yang diukur terlalu panas atau terlalu dingin. Jika indra perasa tidak dapat membedakan suhu dengan tepat, lalu bagaimana cara mengukur suhu benda? Cara terbaik adalah dengan menggunakan alat pengukur suhu yang bernama termometer.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal. Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Alasan Indra Perasa Bukan Pengukur Suhu yang Andal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment