Learn Science With Ilmusiana

8+ Sifat-Sifat Penting Air

Loading...
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar IPA, yaitu sifat-sifat air. Nah, kamu pasti sudah tahu kan betapa pentingnya air untuk kehidupan kita. Air memiliki banyak sekali manfaat, antara lain untuk minum, untuk mandi, untuk pengairan, untuk pembangkit tenaga listrik, dan lain-lain. Nah, agar kamu lebih mengerti mengenai sifat-sifat air, mari kita simak penjelasan materi berikut ini:

Sifat-Sifat Air

Delapan sifat air sebagaimana yang disebutkan pada judul materi ini antara lain sebagai berikut:

1. Air Mengikuti Bentuk Wadahnya

mengikuti wadah sifat air

Sifat air yang pertama adalah, air dapat mengikuti bentuk wadahnya. Untuk membuktikan hal ini, kamu dapat melakukan percobaan. Alat dan bahan yang bisa digunakan ialah botol, gelas, mangkuk, dan air. Langkah-langkahnya ialah, ambillah air dari dalam wadah, kemudian tuangkan ke dalam mangkuk hingga penuh. Selanjutnya, lakukan hal ini juga dengan menuangkan air ke dalam gelas hingga penuh. Kemudian, tuangkan air juga ke dalam botol hingga penuh. Setelah semua wadah terisi penuh, langkah selanjutnya lakukan pengamatan terhadap air yang ada di dalam semua wadah tersebut. Nah, dapat dibuktikan bahwa air mengikuti bentuk wadahnya.

2. Air Memiliki Berat

Sifat air yang kedua adalah air memiliki berat. Untuk membuktikan bahwa air memiliki berat, kamu bisa lakukan percobaan dengan alat dan bahan dua buah gelas yang telah digabungkan yang tergantung secara seimbang dan air. Langkah percobaannya yaitu, ambillah air, kemudian masukkan sedikit demi sedikit air ke dalam salah satu gelas. Ternyata, gelas yang berisi air posisinya menjadi lebih rendah dibandingkan gelas kosong. Nah, oleh karena itu dari percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa air memiliki berat.

3. Permukaan Air Selalu Datar

Sifat air yang ketiga adalah permukaan air yang tenang selalu datar. Untuk membuktikan hal ini, kamu bisa melakukan percobaan dengan alat dan bahan berupa air, gelas kosong, dan sendok. Langkah-langkah percobaannya yaitu tuangkan air ke dalam gelas, lalu aduk air tersebut, setelah itu tunggu beberapa saat hingga permukaan air menjadi tenang. Nah, setelah permukaan air menjadi tenang, apakah yang terjadi? Betul, air akan tampak datar, sehingga terbukti bahwa permukaan air yang tenang selalu datar.

4. Air Mengalir dari Tempat Tinggi ke Tempat Rendah

8+ Sifat-Sifat Penting Air
Sifat air yang keempat adalah air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Untuk membuktikan hal ini, kamu bisa lakukan percobaan dengan alat dan bahan, yaitu air, wadah, papan, meja, dan gelas. Letakkan papan hingga salah satu posisi papan lebih tinggi dibanding sisi papan yang lain. Langkah selanjutnya adalah ambil air dan alirkan dari posisi papan yang tinggi, amati apa yang terjadi. Ternyata, air mengalir dari posisi papan yang lebih tinggi ke posisi papan yang lebih rendah. Nah, dari percobaan ini dapat disimpulkan bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

5. Air Melarutkan Beberapa Zat

Sifat air yang kelima adalah air dapat melarutkan beberapa zat. Untuk membuktikan hal ini, kamu bisa melakukan percobaan dengan alat dan bahan, yaitu air, gula pasir, garam, minyak, tiga buah gelas kosong, dan sendok. Langkah-langkah untuk melakukan percobaan ini, yaitu tuangkan air ke dalam masing-masing gelas. Setelah itu, masukkan masing-masing zat ke dalam gelas, lalu aduk semua gelas selama beberapa saat. Amati, peristiwa apa yang terjadi? Ternyata, garam dan gula pasir dapat larut dalam air, sedangkan minyak tidak terlaur ke dalam air.

6. Air Menekan ke Segala Arah

Sifat air yang keenam adalah air menekan ke segala arah. Untuk membuktikan hal ini, lakukan percobaan dengan alat dan bahan air, kantong plastik, dan jarum. Langkah percobaannya, yaitu ambillah air yang telah dimasukkan ke dalam kantong plastik, kemudian tusuklah kantung tersebut dengan jarum. Amatilah apa yang terjadi? Ternyata, air dalam kantung akan keluar setelah ditusuk dengan jarum. Hal ini membuktikan bahwa air memiliki sifat menekan ke segalah arah.

7. Air Meresap Melalui Celah Kecil

Sifat air yang ketujuh adalah air dapat meresap melalui celah-celah kecil. Untuk membuktikan sifat ini, kamu dapat melakukan percobaan dengan alat bahan terdiri dari air mangkuk dan tisu. Langkah-langkahnya ialah ambillah tisu kemudian lipat hingga berbentuk panjang. Setelah itu, celupkan satu sisi tisu ke dalam mangkuk yang berisi air. Amati apa yang terjadi. Ternyata, air dapat meresap membasahi seluruh bagian tisu, meskipun yang dicelupkan hanya ujung tisu saja. Hal ini membuktikan bahwa air dapat meresap melalui celah-celah kecil.

8. Air dapat Berubah Wujud

Sifat air yang terakhir adalah, air dapat berubah wujud. Untuk membuktikan hal ini, kamu bisa melakukan percobaan dengan alat dan bahan berupa air yang dimasukkan ke dalam gelas, kemudian masukkan air tersebut ke dalam kulkas. Tunggu selama beberapa jam, amati apa yang terjadi. Ternyata, setelah air dikeluarkan dari dalam kulkas, air telah mengeras padat seperti batu. Hal ini membuktikan sifat air yang dapat berubah wujud.

Demikianlah penjelasan tentang 8+ Sifat-Sifat Penting Air, semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment