Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Kapan Bangsa Barat Mulai Melakukan Penjelajahan Samudra

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra?" Sebagaimana yang diketahui, aktivitas penjelajahan samudra di masa lalu dipelopori oleh bangsa Barat. Dari sekian banyak bangsa barat, dua yang paling terkenal adalah bangsa Portugis dan Spanyol. Kedua negara ini memiliki pelaut-pelaut handal yang mencatatkan diri dalam sejarah pelayaran dunia.

Kapan Bangsa Barat Mulai Melakukan Penjelajahan Samudra

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya penjelajahan samudra, khususnya bagi Portugis dan Spanyol. Faktor tersebut antara lain sebagia berikut:
  1. Terpengaruhnya oleh ajaran Copernicus yang menyatakan bahwa dunia bulat
  2. Merasa tertarik dengan kisah perjalanan Marco Polo ke dunia timur yang diceritakan dalam buku Imago Mundi (Anggapan tentang Dunia)
  3. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesiu, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran
  4. Terdorong semangat mewujudkan semangat 3-G, yaitu gold, glory, dan gospel (mencari kekayaan, memperoleh kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen) 
Lantas, kapan bangsa barat mulai melakukan penjelajahan samudra? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan waktu mulainya penjelahan samudra yang dilakukan oleh bangsa barat. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca. 

Baca Juga:
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Kapan Bangsa Barat Mulai Melakukan Penjelajahan Samudra

Bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra pada pertengahan abad ke-15 yang dipelopori oleh pelaut-pelaut Portugis. Orang pertama yang melakukan penjelajahan tersebut adalah Bartholomeus Diaz yang dapat mencapai ujung selatan Benua Afrika pada tahun 1486.

Pelayaran selanjutnya dilakukan oleh pelaut Spanyol kelahiran Italia, Christophorus Columbus. Ia berhasil mencapai San Salvador di Kepulauan Bahama pada tahun 1492. Columbus juga dianggap sebagai penemu benua Amerika. Sumbangan terbesar Columbus adalah merintis rute perjalanan ke benua baru yang sangat berguna bagi para penjelajah samudra berikutnya.

Portugis kembali mengirimkan tim ekspedisi pada tahun 1497, yang dipimpin oleh Vasco da Gama. Ia bertolak dari Lisabon menempuh rute berputar ke arah barat daya menuju Brasil. Dari sini, ia melanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Afrika Selatan. Dari tempat tersebut, perjalanan dilanjutkan ke arah timur laut hingga mencapai Calicut pada tahun 1498.

Demikianlah penjelasan tentang Kapan Bangsa Barat Mulai Melakukan Penjelajahan Samudra. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Kapan Bangsa Barat Mulai Melakukan Penjelajahan Samudra Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment