Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra?" Sebagaimana yang diketahui, bangsa barat adalah pelopor ekspedisi penjelajahan samudra sekitar pertengahan abad ke-15. Dua negara yang terkenal memiliki pelaut handal mengarungi samudra adalah Portugis dan Spanyol.

Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Ada banyak rute perjalanan laut yang berhasil dibuat dari ekspedisi yang dilakukan oleh dua bangsa tersebut. Bangsa yang pertama kali melakukan penjelajahan samudra adalah bangsa Portugis pada tahun 1486 di bawah pimpinan Bartholomeus Diaz. Sementara itu, pelayaran bangsa Spanyol antara lain dipimpin oleh Christophorus Columbus dan Ferdinand Magellan. 

Portugis adalah yang pertama menjelajahi pantai Afrika dan menemukan rute laut baru ke India dan Asia. Spanyol mendanai Columbus untuk berlayar ke barat menuju India, namun yang ia temukan adalah Amerika. Inggris dan Prancis menempuh rute barat laut menuju Asia dengan mengitari bagian utara Amerika Utara, sedangkan Belanda mencari rute timur laut melalui Siberia. Menjelang tahun 1600, laut dikuasai bangsa Eropa.

Lantas, mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra? Apa alasan dibalik semua itu? Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan alasan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

Alasan terbesar mengapa sehingga bangsa barat melakukan penjelajahan samudra adalah untuk berdagang, mencari harta, dan menaklukkan daerah baru. Bangsa Barat atau Eropa yang memelopori penjelajahan samudra, yaitu Portugis dan Spanyol. Di antara bangsa-bangsa lain, kedua bangsa ini menghadapi kesulitan ekonomi paling parah sejak jatuhnya Konstantinopel. 

Akhirnya, Portugis dan Spanyol memutuskan untuk mencari jalan menuju daerah produsen barang-barang. Hasrat Portugis dan Spanyol untuk mencari jalan ke dunia timur sangatlah besar. Upaya yang nyata yakni dengan mendirikan lembaga pendidikan pelayaran. Putra Raja Portugis, Henrique el Navegator, merupakan tokoh yang berupaya memajukan dunia pelayaran di negerinya. Ia banyak menyumbangkan dana bagi perkembangan pendidikan di lembaga tersebut.

Selain itu, beberapa faktor pendorong terjadinya penjelajahan samudra adalah sebagai berikut:
  1. Ajaran Copernicus yang menyatakan bahwa bumi itu bulat
  2. Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia timur yang diceritakan dalam buku Imago Mundi (Anggapan tentang Dunia).
  3. Timbulnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti penemuan kompas, navigasi, mesiu, dan peralatan kapal yang mempermudah pelayaran
  4. Terdorong mewujudkan semangat 3G, yaitu Gold, Glory, dan Gospel (mencari kekayaan, memperoleh kejayaan, dan menyebarkan agama kristen).
Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra. Bagikan materi ini agar orang lain juga dapat membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment