Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh?

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh?" Kalian pasti sering melihat fenomena ini, sebuah di drum yang berada di dalam air bisa mengambang atau terapung. Padahal, drum itu terbuat dari besi, yang mana kita tahu bahwa besi itu pasti tenggelam di dalam air.

Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh

Lantas, mengapa drum tersebut tidak tenggelam? Kamu tidak usah heran, semua ada penjelasannya penyebab sehingga drum dapat mengapung. Ada kok benda yang lebih besar dari drum dan terbuat dari besi tetapi dapat mengapung di air, benda itu adalah kapal laut. Hampir seluruh badan kapal laut terbuat dari besi dengan massa puluhan ribu ton, tetapi ia dapat mengapung.

Beda halnya ketika kita melembar sendok ke dalam air, pasti sendok tersebut akan tenggelam. Lantas, mengapa sendok tenggelam sedangkan drum tidak? Padahal, keduanya terbuat dari besi? Penting diketahui, meskipun keduanya sama-sama terbuat dari besi, tetapi ada perbedaan yang sangat mendasar di antara keduanya.

Nah, berikut ini akan kami berikan alasan yang menyebabkan sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air. Semoga setelah membaca uraian ini, kalian tidak bingung lagi dengan fenomena tersebut.
Yuk, berikut ini pembahasannya...

Penyebab Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air. Menurut hukum Archimedes, ada tiga kemungkinan yang bisa terjadi pada sebuah benda yang berada di dalam air, yaitu sebagai berikut:
  • Benda akan terapung apabila massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air. 
  • Benda akan melayang apabila massa jenis benda sama dengan massa jenis air
  • Benda akan tenggelam apabila massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis air
Pada kasus drum besi yang berada di dalam air, ada tiga massa jenis yang terlibat, antara lain:
  • Massa jenis besi sebesar 7850 kg/m3
  • Massa jenis air 1000 kg/m3
  • Massa jenis udara 1,2 kg/m3
Meskipun, drum terbuat dari besi yang memiliki massa jenis lebih besar daripada air, tetapi massa jenis besi berubah menjadi lebih kecil daripada air karena telah bergabung dengan massa jenis udara. Ruang di dalam drum telah terisi udara yang menyebabkan seluruh massa jenis drum lebih kecil daripada air.

Kesimpulan

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh
A. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air
B. Massa jenis seluruh drum lebih besar daripada massa jenis air
C. Massa jenis bahan pembuat drum lebih kecil daripada massa jenis air
D. Massa jenis bahan pembuat drum lebih besar daripada massa jenis air

Jawaban: A. Massa jenis seluruh drum lebih kecil daripada massa jenis air

Demikianlah jawaban dari pertanyaan Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh. Bagikan jawaban ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Sebuah Drum Besi Dapat Mengapung di Dalam Air Disebabkan Oleh? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment