Learn Science With Ilmusiana

Inilah Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Menjajah Indonesia

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan "Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia?" Sebagaimana yang diketahui, Indonesia adalah negara yang pernah dijajah oleh bangsa barat. Tidak kurang dari 350 tahun lamanya wilayah-wilayah Indonesia dikuasai oleh bangsa barat. 

Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Melakukan Penjajahan di Indonesia

Bangsa barat yang pernah menjajah Indonesia adalah Portugis, Spanyol, Belanda, Perancis, dan Inggris. Jadi, bangsa Portugis adalah bangsa Barat yang pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia dan melakukan penjajahan. Pertemuan bangsa Indonesia dengan Portugis terjadi ketika Diego Lopez Sequeira tiba di Malaka pada tahun 1509.

Pada tahun 1511, Portugis berhasil menguasai Malaka dan sejak saat itu mulai meluaskan pengaruhnya di Indonesia. Pada tahun 1521, bangsa Spanyol di bawah kepemimpinan d'Cano berlabuh di Tidore, Maluku. Kedatangan mereka disambut oleh Kerajaan Tidore karena saat itu mereka sedang bermusuhan dengan Portugis. 

Selanjutnya, timbul persaingan antar Portugis dan Spanyol di Tidore. Akhirnya, persaingan itu diselesaikan dengan Perjanjian Saragosa pada tanggal 22 April 1529 yang menghasilkan keputusan bahwa Spanyol harus pergi dari Maluku dan memusatkan kegiatannya di Filipina. 

Pada tahun 1596, giliran Belanda yang berhasil mendarat di Banten. Rombongan tersebut dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Berdasarkan catatan sejarah, Belanda adalah bangsa barat yang paling lama menguasai Indonesia. Kekuasaan Belanda sedikit terganggu ketika Inggris datang ke Indonesia pada tahun 1811 dan merebut seluruh wilayah kekuasaan Belanda. Namun, sesuai perjanjian London, Inggris mengembalikan wilayah di Indonesia kepada Belanda pada tahun 1816. 

Lantas, apa faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di Indonesia? Nah, pada kesempatan kali ini akan menjelaskan secara lengkap faktor pendorong kedatangan bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Melakukan Penjajahan di Indonesia

Menurut sejarah, faktor yang melatarbelakangi kedatangan bangsa Barat dan melakukan penjajahan di Indonesia adalah komoditas rempah-rempah. Sejak ratusan tahun yang lalu, rempah-rempah Indonesia adalah barang dagangan yang sangat berharga di Eropa. Oleh karena itu, bangsa yang mampu mendatangkan rempah-rempah dari Indonesia ke Eropa untuk diperdagangkan, akan memperoleh keuntungan yang besar.

Jadi, upaya untuk mencari kekayaan dan keuntungan sebanyak-banyaknya, merupakan faktor pertama yang mendorong bangsa barat datang ke Indonesia. Awalnya, mereka datang melakukan aktivitas perdagangan biasa-biasa saja. Mereka membeli rempah-rempah dari pedagang Indonesia dan membawanya ke Eropa.

Namun, lama kelamaan timbul niat untuk melakukan penguasaan dan monopoli dagang. Mereka ingin menguasai seluruh perdagangan rempah-rempah. Para pedagang Indonesia merasa terancam dengan monopoli tersebut. Bangsa barat bahkan melakukan penguasaan langsung dari sumbernya, yaitu lahan-lahan masyarakat yang ditanami rempah-rempah.

Hal inilah yang mendorong terjadinya perlawanan masyarakat kepada bangsa Barat. Bangsa barat pun membalasnya dengan melakukan penjajahan di Indonesia. Berikut ini adalah daftar negara Bangsa Barat yang secara bergantian menjajah Indonesia:
  • Portugis
  • Spanyol
  • Belanda
  • Perancis
  • Inggris 
Demikianlah penjelasan tentang Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Melakukan Penjajahan di Indonesia. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Inilah Faktor yang Melatarbelakangi Bangsa Barat Menjajah Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment