Learn Science With Ilmusiana

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati (Tulisan Arab)

Artikel ini akan menjelaskan arti dari Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin beserta tulisan Arabnya. Setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan pasti mengenal kalimat ini. Kalimat tersebut merupakan ikrar dari seorang muslim kepada Allah Swt yang dibaca pada saat permulaan sholat sebelum membaca Surat Al Fatihah.
Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Apa nama doa yang dibaca sebelum Surat Al Fatihah? Yah benar, doa iftitah. Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin merupakan petikan dari doa tersebut. Jika Anda mengetahui artinya, petikan doa ini memiliki arti yang luar biasa bagi seorang muslim. Doa tersebut mengandung arti penyerahan diri secara total kepada Allah Swt.

Selain terkandung di dalam doa iftitah, bacaan itu sebenarnya berasal dari firman Allah Swt Surat surat Al-An'am ayat 162. Setelah berniat, kemudian takbiratul ihram, maka akan dilanjutkan dengan membaca doa iftitah, termasuk di dalamnya adalah Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin. Dari hasil penelitian kami, meskipun telah sering dibaca oleh umat muslim, namun ternyata belum semua di antara mereka yang mengetahui arti dari bacaan tersebut.

Nah, oleh karena itu kami memandang perlu untuk memberikan penjelasan khusus mengenai arti dari Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin lengkap dengan tulisan Arabnya. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini penjelasannya...

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahirabbil alamin adalah petikan doa iftitah yang mengandung arti "Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam". Bacaan ini berasal dari Al Qur'an Surat Al-An'am Ayat 162. Bacaan tersebut bermakna bahwa seluruh hidup manusia, bahkan kematiannya, adalah hanya untuk Allah semata, Tuhan sekalian alam. Manusia hidup untuk mengabdikan segenap jiwa, raga, perasaan, pikiran, dan hatinya kepada Allah Swt dan perintah-Nya.

Bacaan ini juga mengandung arti bahwa ketika sholat, sholat itu harus difokuskan kepada Allah Swt. Pikiran harus khusuk dan tidak terganggu dengan pikiran lainnya. Inilah sholat yang baik dan sempurna, serta sangat penting untuk dijaga. Sebab, sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Bahkan, amalan sholat menjadi penentu amal-amal lainnya. Apabila sholat seorang hamba baik maka baik pula seluruh amalnya. Namun, apabila buruk maka buruk pula seluruh amalnya. Sebagaimana yang diterangkan Rasulullah Saw dalam sabdanya:
Amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat. Jika baik sholatnya maka baik pula seluruh amalannya. Jika buruk sholatnya maka buruk pula seluruh amalannya. (HR. Thabrani).

Tulisan Arab Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Bagi Anda yang membutuhkan tulisan Arab dari Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin, berikut ini kami berikan tulisannya yang bisa dicopy:

إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 

Latin: Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin
Artinya: Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam 

Makna Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin

Telah jelas bahwa arti dari Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin adalah Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Bacaan ini mengandung makna yang luar biasa bagi diri seorang hamba yang beriman kepada Allah Swt. 

Sebagaimana yang diketahui, sholat merupakan kewajiban yang pertama kali diperintahkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw. Bahkan, perintah tersebut berbeda dengan perintah-perintah ibadah lainnya. Sebab, perintah ibadah selain sholat, disampaikan Allah Swt melalu perantaraan malaikat Jibril. Sedangkan, perintah sholat langsung diterima oleh Rasulullah Saw ketika Isra' dan Mi'raj.

Beberapa makna sholat bagi seorang muslim, adalah sebagai berikut:
  1. Sholat merupakan tiang agama
  2. Ibadah yang diwajibkan pertama kali dalam Islam
  3. Ibadah yang pertama kali dihisab pada hari kiamat
  4. Amalan pembeda antara muslim dengan orang kafir
  5. Amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.
  6. Sholat adalah kewajiban mutlak
Demikianlah penjelasan tentang Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahirabbil Alamin. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati (Tulisan Arab) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment