Learn Science With Ilmusiana

5+ Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Artikel ini akan memberikan beberapa alasan mengapa kita harus saling menghargai perbedaan. Sebagaimana yang diketahui, kita sebagai manusia tidak hidup sendirian. Selain bersaman keluarga, kita juga hidup di tengah-tengah masyarakat yang ada di sekitar. Dalam masyarakat, tentu saja ada banyak perbedaan yang dimiliki oleh tiap-tiap orang.

Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Perbedaan itu terdiri dari perbedaan agama dan keyakinan, suku bangsa, bahasa, budaya, gaya hidup, bahkan status sosial. Namun, semestinya perbedaan itu bukanlah suatu alasan untuk tidak menghormati dan menghargai satu sama lain, apalagi dijadikan alasan permusuhan. Kita diwajibkan untuk menghargai perbedaan itu sebagai sebuah keniscayaan.

Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang memiliki begitu banyak perbedaan. Bangsa Indonesia tidak akan bisa bersatu apabila sesama warga negara tidak saling menghormati dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut. Bangsa kita pernah memiliki pengalaman akibat tidak menghormati perbedaan di masa lalu, yaitu memudahkan penjajah untuk menaklukkan bangsa Indonesia.

Lantas, mengapa kita harus saling menghargai perbedaan? Nah, materi ini akan menjelaskan secara lengkap beberapa alasan mengapa sehingga perbedaan yang ada di antara kita harus dihargai. Semoga setelah membaca uraian ini, kita bisa menyadari pentingnya menghargai perbedaan.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan

Ada banyak alasan mengapa sehingga kita harus saling menghargai perbedaan. Berikut ini akan kami paparkan lima di antaranya:

1. Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Alasan pertama mengapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Semboyan negara kita adalah "Bhineka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan ini mengandung harapan bahwa perbedaan-perbedaan itu seharusnya tidak menghalangi persatuan dan kesatuan kita. 

2. Menciptakan Suasana Hidup Tentram dan Nyaman

Alasan kedua mengapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah untuk menciptakan suasana kehidupan yang tentram dan nyaman. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tentu timbul perbedaan, baik itu perbedaan pendapat maupun pandangan. Perbedaan tersebut hendaknya dijadikan sarana untuk saling melengkapi. Jangan jadikan perbedaan yang ada sebagai jurang pemisah. Dengan demikian, akan tercipta ketentraman dalam kehidupan.

3. Meningkatkan Kebersamaan dan Keharmonisan

Alasan ketiga mengapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah meningkatkan semangat kebersamaan dalam bingkai keharmonisan. Cara menghargai perbedaan agar tujuan ini bisa dicapai adalah dengan melakukan kegiatan gotong royong, membersihkan lingkungan, ronda malam untuk menjaga keamanan, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

4. Tidak Mudah diAdu Domba

Alasan keempat mengapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah agar kita tidak mudah diadu domba dengan masyarakat lainnya. Pihak-pihak yang menginginkan adu domba terkadang sengaja memperuncing perbedaan agar kita bertengkar satu sama lain. Oleh karena itu, setiap perbedaan haruslah tetap dilandasi nilai-nilai kejujuran dan kesopanan. Bukannya malah dibumbui dengan hal-hal yang menjurus pada fitnah, penghinaan, atau adu domba.

5. Supaya Tidak Terjadi Konflik

Alasan kelima mengapa kita harus saling menghargai perbedaan adalah agar tidak terjadi konflik di antara sesama.  Konflik dalam masyarakat majemuk kerap muncul akibat perbedaan yang terdapat dalam masyarakat. Konflik dapat diminimalisasi apabila terdapat sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan antarwarga.

Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Alasan Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment