Learn Science With Ilmusiana

5+ Makna Sumpah Pemuda Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Artikel ini akan menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagaimana yang diketahui, Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Para pemuda yang berasal dari wilayah-wilayah nusantara, berkumpul untuk menyatukan tekad, tujuan, atau cita-cita. Komitmen tersebut diikat dengan suatu ikrar atau janji yang diberi nama "Sumpah Pemuda".

Makna Sumpah Pemuda Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Sumpah itu diucapkan oleh para pemuda dalam Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928, 17 tahun sebelum Indonesia merdeka. Indonesia pada saat itu masih bernama Hindia Belanda, atau wilayah yang berada di bawah kekuasaan penjajah Belanda. Bisa kita bayangkan bagaimana situasi di masa itu, berada di bawah tekanan pemerintah kolonial Belanda tidak menyurutkan tekad para pemuda Indonesia untuk bersatu.

Bisa dikatakan, Sumpah Pemuda menjadi simbol persatuan paling awal yang secara formal diucapkan dalam sebuah forum yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa wilayah nusantara. Meskipun pada waktu telah berdiri beberapa organisasi sosial masyarakat dan politik, namun kebanyakan di antaranya hanya bergerak untuk kepentingan kelompok atau daerah tertentu saja.

Sepertinya, para pemuda menyadari bahwa prasyarat utama untuk mencapai kemerdekaan adalah menguatkan persatuan. Kelak, para pemuda yang berperan aktif dalam Sumpah Pemuda itu menjadi tokoh yang berperan penting dalam proses kemerdekaan Indonesia, sebut saja misalnya Mohammad Yamin dan Sugondo Joyopuspito.

Lantas, apa makna Sumpah Pemuda bagi kehidupan berbangsa dan bernegara? Nah, seluruh uraian dalam artikel ini akan menjelaskan makna yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia sekarang ini.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini uraiannya...

Makna Sumpah Pemuda Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Peserta Kongres sekaligus tokoh pemuda yang dikenal sebagai perumus Sumpah Pemuda adalah Mohammad Yamin. Beliau adalah Ketua dari organisasi Jong Sumatranen Bond kelahiran Sumatera Barat. Saat kongres tengah berlangsung, Mohammad Yamin menuliskan gagasan "Sumpah Pemuda" dalam suatu kertas. Kertas itu kemudian dia sodorkan kepada Soegondo Djojopoespito, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Kongres. Berikut ini isi Sumpah Pemuda yang ditulis oleh Mohammad Yamin:
1. Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
2. Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
3. Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia
Siapa sangka, Sumpah ini kemudian memiliki makna yang luar biasa bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia nantinya. Makna Sumpah Pemuda tahun 1928 itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu karena filsafat yang dikandungnya telah mewarnai dan memberi corak kepada kehidupan kita hingga saat ini. Beberapa makna tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Mempunyai Pengaruh Besar Terhadap Perjuangan Mencapai Kemerdekaan

Sumpah Pemuda telah mempersatukan seluruh lapisan masyarakat lndonesia. Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa lndonesia yakin dapat mencapai kemerdekaan. Sumpah pemuda menjiwai setiap organisasi perjuangan lainnya. Rasa persatuan dan kesatuan semakin tumbuh, dan tentu saja cita-cita untuk meraih kemerdekaan akan tercapai.

2. Menjiwai Tumbuhnya Semangat Persatuan

Peristiwa Sumpah Pemuda menunjukkan keikhlasan pemudapemuda untuk meleburkan diri demi persatuan Indonesia . Para pemuda itu telah memberikan pelajaran penting tentang persatuan bangsa. Persatuan bangsa dapat dicapai jika masing-masing pihak menghilangkan sikap mau menang sendiri, merasa lebih unggul, dan tidak menghargai pihak lain.

3. Menguatkan Ikatan Kebangsaan

Sumpah Pemuda berkeinginan untuk menyatukan segala macam perbedaan dalam satu ikatan kebangsaan. Sumpah ini menekankan sejarah bersama Indonesia dan hasrat kolektif akan ikatan kebangsaan atas dasar "satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa". Dengan kata lain, Sumpah Pemuda memberikan pijakan awal bagi lahirnya identitas dan politik kebangsaan kita.

4. Menciptakan Rasa Kebersamaan sesama Anak Bangsa

Penderitaan akibat penjajahan menimbulkan rasa kesamaan nasib yang semakin mempererat tali persaudaraan para pemuda. Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dan pengakuan putra-putri untuk hidup bersama dalam naungan keIndonesiaan. Meleburkan identitas diri menjadi identitas kebersamaan.

5. Menumbuhkan Semangat Nasionalisme

Sumpah Pemuda adalah proklamasi lahirnya nasionalisme Indonesia. Proses pertumbuhan nasionalisme itu lebih meruncing dan memiliki bentuk lebih konkrit, ketika para pemuda lndonesia dari berbagai latar belakang mengeluarkan deklarasi "Sumpah Pemuda" pada tanggal 28 Oktober 1928.

Demikianlah penjelasan tentang Makna Sumpah Pemuda Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
5+ Makna Sumpah Pemuda Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment