Learn Science With Ilmusiana

Ras Melanesoid: Asal, Ciri, Daerah Persebaran

Melanesoid adalah salah satu ras yang terdapat di Kepulauan Indonesia. Mereka tersebar di lautan Pasifik di pulau-pulau yang letaknya sebelah Timur Papua dan benua Australia. Di Kepulauan Indonesia mereka tinggal di Papua Barat, Ambon, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Bersama dengan Papua-Nugini dan Bismark, Salomon, New Caledonia dan Fiji, Vanuatu, mereka tergolong rumpun Melanesoid.

Ras Melanesoid

Ras Melanesoid: Asal, Ciri, Daerah Persebaran

Jalur Kedatangan Ras Melanesoid 

Pada mulanya kedatangan Bangsa Melanesoid di Kepulauan Indonesia berawal saat zaman es terakhir, yaitu tahun 70.000 SM. Pada saat itu Kepulauan Indonesia belum berpenghuni. Ketika suhu turun hingga mencapai kedinginan maksimal, air laut menjadi beku. Permukaan laut menjadi lebih rendah 100 m dibandingkan permukaan saat ini. Pada saat itulah muncul pulau-pulau baru. Adanya pulau-pulau itu memudahkan mahkluk hidup berpindah dari Asia menuju kawasan Oseania. 

Bangsa Melanesoid melakukan perpindahan ke timur hingga ke Papua, selanjutnya ke Benua Australia, yang sebelumnya merupakan satu kepulauan yang terhubung dengan Papua. Bangsa Melanesoid saat itu hingga mencapai 100 ribu jiwa meliputi wilayah Papua dan Australia. 

Peradaban Ras Melanesoid

Peradaban bangsa Melanesoid dikenal dengan paleotikum. Pada saat masa es berakhir dan air laut mulai naik lagi pada tahun 5000 S.M, kepulauan Papua dan Benua Australia terpisah seperti yang dapat kita lihat saat ini. Pada saat itu jumlah penduduk mencapai 0,25 juta dan pada tahun 500 S.M. mencapai 0,5 jiwa. 

Asal Ras Melanesoid

Asal mula bangsa Melanesoid adalah berasal dari Proto Melanesia merupakan penduduk pribumi di Jawa. Mereka adalah manusia Wajak yang tersebar ke timur dan menduduki Papua, sebelum zaman es berakhir dan sebelum kenaikan permukaan laut yang terjadi pada saat itu. 

Di Papua manusia Wajak hidup berkelompok-kelompok kecil di sepanjang muara-muara sungai. Mereka hidup dengan menangkap ikan di sungai dan meramu tumbuh-tumbuhan serta akar-akaran, serta berburu di hutan belukar. Tempat tinggal mereka berupa perkampungan-perkampungan yang terbuat dari bahan-bahan yang ringan. Rumah-rumah itu sebenarnya hanya berupa kemah atau tadah angin, yang sering didirikan menempel pada dinding gua yang besar. 

Ciri-Ciri Ras Melanesoid

Berikut ini adalah ciri-ciri Ras Melanesoid:
  • Rambut keriting
  • Bibir tebal
  • Kulit gelap
Kelompok manusia yang termasuk golongan ini adalah penduduk Pulau Papua, Kai, dan Aru. Ciri-ciri fisik penduduk Papua menjadi ciri-ciri ras Melanesoid yang kita kenal sekarang.

Persebaran Ras Melanesoid

Arah persebaran Ras Melanesoid adalah dari Yunnan melalui Filipina, kemudian menyebar ke Sulawesi Utara, Maluku, dan sampai ke Papua.

Keturunan Ras Melanesoid

Percampuran Ras Melanesoid dan bangsa Melayu menghasilkan keturunan Melanesoid-Melayu, saat ini mereka merupakan penduduk Nusa Tenggara Timur dan Maluku.

Demikianlah penjelasan tentang Ras Melanesoid. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Ras Melanesoid: Asal, Ciri, Daerah Persebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment