Learn Science With Ilmusiana

Tiga Bentuk Pemanfaatan Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut

Artikel ini akan menjelaskan tiga bentuk pemanfaatan pasang naik dan pasang surut air laut. Pasang surut (pasut) adalah peristiwa naik turunnya permukaan air laut secara periodik karena gaya tarik menarik matahari dengan bulan dan rotasi bumi. Setiap tempat di bumi akan mengalami dua kali pasang dan dua kali surut setiap harinya.

Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut

Tiga Bentuk Pemanfaatan Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut

Pasang naik adalah keadaan dimana air laut naik sehingga air laut nampak semakin banyak, sedangkan pasang surut adalah keadaan dimana air laut turun sehingga air laut nampak berkurang. Pasang mengakibatkan beberapa tempat yang semula kering menjadi tergenang. Sebaliknya, surut mengakibatkan tempat yang semula tergenang menjadi kering. 

Pasang-surut air laut sendiri, dipengaruhi oleh perputaran bumi dan bulan. Semakin dekat perputaran bulan pada permukaan bumi, maka gravitasi terhadap laut meningkat dan menyebabkan air laut menjadi pasang.

Tapi, tahukah kamu pasang surut air laut dapat dimanfaatkan oleh manusia. Apa saja itu? Nah, berikut ini kami berikan tiga contoh pemanfaatan pasang naik dan pasang surut air laut untuk kebutuhan manusia.

Yuk, berikut ini penjelasannya...

Tiga Bentuk Pemanfaatan Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut

Adapun tiga bentuk pemanfaatan pasang naik dan pasang surut air laut adalah sebagai berikut:

1. Untuk Kegiatan Nelayan

Pasang surut air laut dapat dimanfaatkan nelayan dalam melakukan kegiatan mencari ikan. Ketika air laut pasang, para nelayan pergi melaut untuk menjaring ikan dan ketika surut mereka akan pulang dengan hasil tangkapan ikan yang banyak dan dapat membantu perekonomian keluarganya.

2. Sebagai Sumber Tenaga Listrik

Pasang surut air laut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik. Energi yang dibawa oleh pasang surut air laut digunakan untuk menghidupkan generator yang dapat menjadi sumber listrik bagi pemukiman di sekitar pesisir pantai.

3. Membantu Pembuatan Garam

Ketika air pasang, masyarakat pembuat garam akan mengumpulkan air laut yang kemudian dijemur dan akan membentuk kristal-kristal garam yang dapat menjadi salah satu sumber ekonomi dengan cara menjual garam hasil produksi.

Demikianlah penjelasan tentang Tiga Bentuk Pemanfaatan Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat. 
Tiga Bentuk Pemanfaatan Pasang Naik dan Pasang Surut Air Laut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment