Learn Science With Ilmusiana

10+ Kewajiban Manusia Terhadap Pohon

Materi ini akan menjelaskan 10 kewajiban manusia terhadap pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar. Sebagaimana yang diketahui, pohon adalah tumbuhan yang menjadi sumber utama terhadap kebutuhan kayu. Setiap hari tidak terhitung banyaknya pohon yang ditebang oleh manusia kemudian diolah menjadi papan dan balok.

Pohon

kewajiban manusia terhadap pohon

Begitu besarnya manfaat pohon bagi manusia, maka sudah sepantasnya kita manusia menjalankan kewajiban kita terhadap pohon. Beberapa manfaat yang diberikan oleh pohon kepada manusia antara lain:
  • Menyediakan udara bersih yang dibutuhkan manusia.
  • Mengurasi tingkat polusi udara di lingkungan.
  • Menyimpan air dalam jumlah / volume yang besar.
  • Sebagai pengendali bencana seperti longsor dan banjir
  • Sumber pendapatan dari hasil hutan.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kita tidak boleh hanya melakukan eksploitasi tanpa adanya manfaat balik yang kita berikan kepada si pohon. Jika kewajiban tersebut tidak dijalankan, maka manfaat yang akan kita dapatkan dari pohon sedikit demi sedikit akan berkurang. 

Lantas, apa kewajiban manusia terhadap pepohonan? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kewajiban manusia terhadap pohon. Jika di situs lain hanya diberikan 5 kewajiban saja, maka di sini kami akan memberikan 10 kewajiban agar lebih lengkap. 

Yuk, berikut ini uraiannya...

10 Kewajiban Manusia Terhadap Pohon

Berikut ini adalah 10 kewajiban manusia terhadap pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar:

1. Merawat Pohon

Merawat pohon merupakan salah satu kewajiban penting yang harus dijalankan oleh manusia. Perawatan diperlukan agar pepohonan tumbuh subur dan menghasilkan kayu bagi manusia. Apabila tidak dirawat, maka pohon rawan mati.

2. Memenuhi Kebutuhan Air Pohon

Air diperlukan oleh seluruh makhluk hidup, termasuk pepohonan. Pohon membutuhkan air untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Meskipun pohon dapat mencari sendiri air dari tanah, namun tidak ada salahnya manusia sesekali menyiram pohon apabila kondisi tanah sangat kering.

3. Memberikan Pupuk

Pohon juga sangat penting untuk dipupuk. Ada banyak jenis pupuk yang bisa diberikan oleh manusia. Namun, jenis pupuk terbaik adalah pupuk organik yang mengandung unsur-unsur yang cocok dengan kondisi pohon.

4. Tidak Menebang Pohon Sembarangan

Manusia juga berkewajiban untuk tidak menebang pohon sembarangan. Pohon yang masih muda sebaiknya jangan ditebang agar bisa tumbuh lebih besar lagi. Hanya pohon yang cukup umur saja yang bagus untuk ditebang kemudian diambil kayunya.

5. Menanam Pohon Baru

Setelah ditebang, sebaiknya segera dilakukan penggantian pohon baru dengan cara penanaman bibit. 1 pohon yang telah ditebang diganti dengan 3 pohon baru agar populasi pohon bisa terjaga. Hal ini untuk menghindari terjadinya penggundulan lahan.

Sebagai tambahan, berikut ini adalah kewajiban manusia terhadap pohon:
  1. Melindungi pohon dari hama
  2. Merapikan pohon dari ranting mati
  3. Membersihkan pohon dari sampah plastik
  4. Menggemburkan tanah di sekitar pohon
  5. Mengkampanyekan pelestarian pohon
Demikianlah penjelasan tentang Kewajiban Manusia Terhadap Pohon. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
10+ Kewajiban Manusia Terhadap Pohon Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment