Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Alat Untuk Menimbang Emas

Apa nama alat untuk menimbang emas? Saat membeli emas di toko, kita sering melihat penjual menimbang emas tersebut untuk mengetahui beratnya. Berat emas ini penting untuk diketahui agar bisa menentukan berapa harga jualnya. Semakin berat sebuah emas, maka akan semakin mahal harganya. Pernahkah kamu bertanya kepada penjual emas, alat apa yang mereka gunakan untuk menimbang emas tersebut?

Alat Untuk Menimbang Emas

Alat Untuk Menimbang Emas

Ada penjual emas yang menggunakan sebuah alat yang terdiri dari dua lengan. Lengan yang satu untuk meletakkan emas, sedangkan lengan yang lainnya berfungsi sebagai pemberat. Setelah dua lengan tersebut seimbang, maka nilai berat emas dapat ditentukan. Ada juga penjual yang menggunakan alat digital, ketika di atas alat tersebut diletakkan emas, maka nilai beratnya langsung muncul pada display.

Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang nama alat untuk menimbang emas. Semoga setelah membaca uraian ini, pembaca bisa mengetahui dan memahami alat untuk penimbang emas dan bagaimana cara kerjanya.

Alat Untuk Menimbang Emas

Emas dapat ditimbang dengan menggunakan alat yang bernama neraca atau timbangan emas. Alat ini berfungsi untuk mengetahui kandungan atau kadar yang dimiliki suatu emas. Neraca ini memiliki satuan gram atau kilogram sehingga sangat mudah untuk digunakan. Ada dua jenis neraca yang sering digunakan untuk menimbang emas, yaitu neraca sama lengan dan neraca digital.

1. Neraca Sama Lengan

Saat kita berkunjung ke toko emas, kita akan melihat alat timbangan berupa neraca yang dilengkapi dengan lengan. Neraca ini digunakan untuk menimbang massa logam mulia. Alat ini sering diletakkan di dalam lemari, mengapa? Hal ini dikarenakan pada pengukuran massa emas diperlukan ketelitian yang sangat tinggi sampai orde miligram. Itulah sebabnya mengapa sehingga penulisan gram pada perhiasan emas sampai 3 angka dibelakang koma atau tiga digit dalam satuan miligram untuk massa di bawah satu gram.

Neraca Lengan Untuk Menimbang Emas

neraca lengan menimbang emas

Karena itulah, neraca emas harus bebas dari segala gangguan. Jika kita perhatikan, konstruksi neraca sama lengan yang digunakan untuk menimbang emas sangat rentan terhadap pengaruh angin, termasuk nafas dari petugas yang menimbang emas tersebut. Maka dari itu, neraca untuk menimbang emas selalu berada di dalam lemari kaca.

2. Neraca Emas Digital

Jenis alat untuk menimbang emas yang satu ini lebih modern dari alat yang pertama di atas. Sesuai dengan namanya, alat timbangan emas ini dilengkapi dengan tampilan digital untuk menyatakan massa dari emas yang ditimbang. Banyak pedagang emas yang telah beralih ke timbangan digital ini karena dianggap tahan lama, lebih akurat, dan cepat membaca hasil. 

Timbangan Emas Digital

Timbangan Emas Digital

Alat ini sangat mudah untuk dioperasikan, memiliki ketelitian sampai 0,001 mg, serta kapasitas ukur mulai dari 1,2 gram sampai 23,000 gram. Dalam penetapan kadar emas, setiap miligram sangat berharga, olehnya itu keakuratan 0,001 mg adalah hal yang penting. 

Baca Juga:
Demikianlah penjelasan tentang alat untuk menimbang emas. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Alat Untuk Menimbang Emas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment