Learn Science With Ilmusiana

Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur (Gambar Lengkap)

Apakah nama tulang yang bersifat elastis dan lentur? Pertanyaan ini adalah bagian dari materi sistem rangka pada manusia. Tubuh kita ditopang oleh sistem rangka yang terdiri dari beragam jenis tulang. Dari sekian banyak tulang tersebut, salah satunya adalah tulang yang bersifat elastis dan lentur. Memangnya ada tulang seperti itu? Sebab, pemahaman kita tentang tulang adalah sesuatu yang keras dan kaku.

Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur

Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur

Namun ternyata, di dalam tubuh kita terdapat tulang dengan sifat seperti itu. Strukturnya yang elastis dan bersifat lentur, tidak kaku sebagaimana tulang pada umumnya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan materi seputar tulang yang bersifat elastis dan lentur. Yuk, berikut ini pembahasannya:

Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur

Tulang yang memiliki sifat elastis dan lentur disebut tulang rawan atau kartilago. Mau tahu bentuk dari tulang ini? Sekarang, coba kamu pegang daun telinga atau ujung hidung. Saat kamu memegangnya, terasa sangat elastis dan lentur. Mengapa demikian? Ujung hidung dan daun telinga terasa elastis dan lentur karena ditopang dan dibentuk oleh tulang rawan (Kartilago).

Selain itu, tulang rawan dengan sifat elastis dan lentur ini terdapat juga pada rangka fetus (bayi dalam kandungan). Saat dalam kandungan, seluruh tubuh bayi ditopang oleh tulang rawan. Lambat laun, sebagian besar dari tulang ini akan berubah menjadi keras, kecuali beberapa bagian yang tetap elastis dan lentur.

Pada orang dewasa, bagian-bagian yang masih terdapat tulang rawan adalah telinga, laring, ujung hidung, permukaan persendian tulang, tulang dada, antara ruas tulang belakang, antara tulang rusuk, dan trakea.

Demikianlah penjelasan tentang Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
Tulang Yang Bersifat Elastis dan Lentur (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment