Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Tumbuhan Bernafas Dengan?

Bernafas dengan apakah tumbuhan? Semua makhluk hidup pasti bernafas, manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Sebab, bernafas adalah salah satu ciri dari makhluk hidup. Bernafas diperlukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup suatu makhluk. Hal inilah menjadi persamaan dari semua makhluk. Bedanya adalah mekanisme atau cara mereka bernafas. Setiap makhluk memiliki caranya masing-masing.

Manusia tentu saja memiliki cara bernafas sendiri yang berbeda dengan hewan dan tumbuhan. Jika kita bernafas dengan hidung, lantas hewan dan tumbuhan bernafas dengan apa? Mengenai hewan, mungkin kita bisa dengan cepat memahami bagaimana cara mereka bernafas karena organ hidung dari hewan mudah kita lihat. Tetapi, bagaimana dengan tumbuhan?

Jika kita berpatokan pada cara manusia dan hewan bernafas, maka bisa saja kita mungkin akan berpendapat bahwa tumbuhan tidak bernafas karena tidak memiliki hidung. Tetapi, kembali lagi ke salah satu ciri makhluk hidup (bernafas), kemungkinan itu gugur dengan sendirinya, sebabnya kenyataannya tumbuhan juga melakukan pernapasan.

Oleh karena itulah, materi ini hadir untuk menjelaskan kepada pembaca tentang tumbuhan bernafas dengan apa. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang cara tumbuhan bernafas semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya:

Tumbuhan Bernafas Dengan?

Ternyata, tumbuhan bernafas dengan menggunakan stomata, yaitu bukaan-bukaan kecil (pori-pori) pada daun. Mulut daun ini berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 0,0001 mm. Jadi, untuk melihatnya diperlukan alat khusus yang bernama mikroskop. Kebanyakan daun, bagian stomata terletak pada permukaan bawahnya.

Peristiwa pernapasan pada tumbuhan disebut dengan respirasi. Proses ini menggunakan stomata. Jumlahnya stomata dalam satu daun sangatlah banyak, yakni dapat mencapai sekitar 100.000 stomata per cm persegi. Jadi, jika ukuran ukuran daun suatu tumbuhan besar, maka besar kemungkinan jumlah stomatanya sangat banyak.  

Stomata sebagai alat pernapasan daun diapit oleh sepasang sel penjaga. Sel ini bentuknya melengkung dan berisi kloroplas yang berfungsi pada saat proses fotosintesis. Terdapat ruang udara yang besar tepat di atas stomata. Pada proses pernapasan, stomata mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbondioksida, serta menghasilkan energi. Berikut ini adalah gambar proses pernafasan pada tumbuhan:

Proses Pernafasan Tumbuhan

Proses Pernafasan Tumbuhan


Demikianlah penjelasan tentang Tumbuhan Bernafas Dengan. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Tumbuhan Bernafas Dengan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment