Learn Science With Ilmusiana

13+ Fungsi Tulang Betis (Gambar Lengkap)

Apa fungsi dari tulang betis? Saat kita memegang bagian betis, disitu terdapat struktur keras yang membentuk betis kita. Bagian keras itulah yang disebut tulang betis. Tulang ini merupakan satu di antara 206 tulang yang membangun tubuh manusia. Semua tulang tersebut bergambung menjadi satu membentuk sistem rangka manusia. Terbagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu tulang rangka badan dan tulang anggota gerak.

Fungsi Tulang Betis (Fibula)

Fungsi Tulang Betis (Fibula)

Secara anatomis, tulang betis merupakan tulang anggota gerak manusia, tepatnya tulang anggota gerak bawah, yakni kaki. Sebagaimana yang diketahui, tulang anggota gerak terbagi manjadi dua, yakni tulang anggota gerak atas dan tulang anggota gerak bawah. Jadi, kita bisa berjalan dengan baik karena adanya tulang betis ini. Tulang ini hampir sama panjang dan terletak berdekatan dengan tulang kering (fibia).

Baca Juga:
Lantas, apa fungsi tulang betis? Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan tentang tulang betis dan fungsinya. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang tulang betis semakin bertambah. Yuk, berikut ini ulasannya:

Tulang Betis

Tulang betis pada manusia memiliki nama latin fibula berarti "kurus atau kecil". Sesuai dengan namanya, tulang ini berbentuk panjang dan sangat kurus. Tulang betis adalah tulang tungkai bawah. Tulang ini menyusun anggota gerak bawah manusia. Tulang betis atau fibula posisinya sejajar dengan tulang kering dan terletak di bagian lateral tulang kering, serta saling terhubung pada bagian atas dan bawahnya oleh membran interoseus. Berikut ini adalah gambar dari tulang betis:

Gambar Tulang Betis (Fibula)

gambar tulang betis fibula

Tulang ini memiliki ukuran lebih kecil dari tulang kering dan juga merupakan tulang yang paling pipih di antara semua tulang panjang lainnya. Bagian proksimal tulang betis lebih kecil dari tulang kering, sedangkan pada bagian distal ikut membentuk sendi pergelangan kaki. Poros sepanjang tulang betis berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot. Tulang ini turut serta dalam menahan berat badan.

Fungsi Tulang Betis

Tulang betis memiliki banyak fungsi bagi anggota gerak bawah tubuh manusia. Fungsi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Alat Gerak Tubuh Bawah

Tulang betis berfungsi sebagai tulang anggota gerak bagian bawah manusia. Tulang ini ikut bertugas untuk membentuk fungsi kaki sebagai alat untuk berjalan.

2. Menahan Bobot Tubuh

Fungsi selanjutnya dari tulang betis adalah ikut bertanggung jawab untuk menahan sekitar 20% bobot tubuh, utamanya pada saat posisi berdiri.

3. Memberikan Keseimbangan Tubuh

Tulang betis juga berfungsi untuk memberikan keseimbangan pada tubuh. Jadi, tulang ini akan menahan tubuh agar tidak terjatuh ke samping, ke depan, atau ke belakang pada saat berdiri atau berjalan.

4. Tempat Melekatnya Otot

Fungsi tulang betis lainnya adalah sebagai tempat melekatnya otot-otot. Ada dua otot yang melekat pada tulang ini, yaitu otot Gastrocnemius dan otot soleus.

5. Membantu Tulang Kering

Fungsi penting tulang betis adalah untuk membantu tugas tulang kering membentuk mekanisme berjalan.

Fungsi Tulang Betis Lainnya:

  • Tulang betis berfungsi sebagai pelekat bagian lutut.
  • Tulang betis berfungsi untuk melekatkan bagian tulang pergelangan kaki
  • Tulang betis berfungsi untuk melindungi semua bagian penting pada kaki
  • Tulang betis berfungsi untuk menyimpan kalsium
  • Tulang betis melindungi bagian belakang dari kaki pada saat terjadi benturan
  • Tulang betis berfungsi sebagai pengait
  • Tulang betis juga menjadi tempat dihasilkannya sel darah merah
  • Tulang betis berfungsi tempat melekatnya beberapa persendian penting kaki

Sendi Tulang Betis

Pada tulang betis terdapat sendi yang disebut articulatio tibiofibularis, yaitu sendi antara kepala tulang betis dan kondilus tulang kering. Selain itu, sendi pada bagian bawah disebut syndesmosis tibiofibularis, yaitu sendi antara bagian bawah tulang betis dan tulang kering. Pada permukaan sendi yang berbentuk segitiga di permukaan medialis bersendi dengan talus. Sendi ini adalah bagian dari persendian pergelangan kaki.

Otot Tulang Betis

Otot yang melekat pada tulang betis disebut Gastrocnemius, yaitu otot tebal dan panjang yang terletak di bagian belakang kaki. Kita dapat melihat otot ini berupa tonjolan khas pada betis. Otot ini membesarkan bagian belakang betis. Otot ini berfungsi untuk memberikan kekuatan pada betis. Di bagian bawah Gastrocnemius terletak otot soleus. Otot Gastrocnemius bertemu dengan otot soleus di tendon Achiles, yaitu urat besar yang terletak di pergelangan kaki dan melekat pada tumit.

Cedera Tulang Betis

Tulang betis atau fibula dapat mengalami cedera akibat benturan keras karena terjatuh. Cedera ini kerap menyerang para pemain sepak bola. Cedera yang paling umum adalah fraktur atau patah. Cedera ini dapat mengganggu aktifitas fungsional tungkai dan kaki. Cedera ini bisa disembuhkan dengan tindakan medis berupa operasi pemasangan implan.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Tulang Betis. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
13+ Fungsi Tulang Betis (Gambar Lengkap) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment