Learn Science With Ilmusiana

3+ Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi

Tahukah kamu apa fungsi fakta dalam teks eksposisi? Fakta adalah salah satu unsur penguat dari pendapat atau opini yang terbangun dalam suatu teks eksposisi. Itulah sebabnya mengapa keberadaannya sangat penting agar suatu teks eksposisi dapat lebih meyakinkan di mata pembaca. 

Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi

Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi

Di dalam teks eksposisi, terdapat perkenalan isu atau masalah serta rangkaian argumen dari penulis. Namun, selain itu penulis juga membutuhkan beberapa fakta yang dapat memperkuat gagasan atau argumennya tersebut.

Fakta yang disajikan haruslah bersesuaian dengan topik yang diangkat dalam teks eksposisi. Sehingga, fakta tersebut dapat mendukung pendapat atau opini yang disampaikan penulis. Untuk membuat teks eksposisi, penulis harus menentukan topik yang hendak dibahas, kemudian mengumpulkan fakta yang berkaitan dengan topik tersebut.

Lantas, apa fungsi fakta dalam teks eksposisi? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan beberapa fungsi fakta dalam suatu teks eksposisi. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca tentang teks eksposisi semakin bertambah.

Baca Juga:
Yuk, berikut ini ulasannya...

Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi

Ada lima fungsi fakta dalam teks eksposisi, antara lain sebagai berikut:

1. Mendukung Opini Penulis

Fakta dalam teks eksposisi berfungsi untuk mendukung opini yang dibangun oleh penulis. Inilah yang membedakan antara teks eksposisi dengan teks fiksi belaka. Dalam proses pembuatan teks eksposisi, penulis harus mampu menyediakan fakta untuk mendukung opini dan gagasannya.

2. Untuk Meyakinkan Pembaca

Fakta dalam teks eksposisi juga berfungsi untuk membangun keyakinan pembaca terhadap teks eksposisi yang sedang dibacanya. Dengan adanya fakta, maka penulis mampu membangun opini dan dibenarkan oleh pembacanya.

3. Untuk Menyatakan Kebenaran Gagasan

Dalam teks eksposisi, fakta juga berfungsi untuk membuat gagasan menjadi benar dan masuk akal. Tentu saja, gagasan tanpa fakta hanyalah fiksi belaka. Tetapi, dengan adanya fakta maka gagasan tersebut tampak lebih nyata dan benar di mata pembaca.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi. Bagikan penjelasan ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
3+ Fungsi Fakta Dalam Teks Eksposisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment