Learn Science With Ilmusiana

[Jawaban] Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT?

Tahukah kamu mengapa manusia memerlukan kitab Allah Swt? Menurut ajaran Islam, ada satu hal yang wajib diimani oleh seluruh muslim, yaitu kitab-kitab Allah Swt. Kita wajib mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt menurunkan wahyu yang termuat dalam kitab atau suhuf kepada para rasulnya untuk dijadikan pedoman hidup manusia.

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT?

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT?

Kitab adalah kumpulan wahyu Allah yang berbentuk buku, sedangkan suhuf adalah kumpulan wahyu Allah dalam bentuk lembaran-lembaran suci. Para utusan Allah yang terdiri dari nabi dan rasul menerima kitab dan suhuf ini untuk disampaikan kepada umat manusia. 

Lantas, mengapa manusia memerlukan kitab Allah Swt? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan alasan-alasan mengapa sehingga manusia memerlukan kitab Allah Swt. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.
Yuk, berikut ini ulasannya...

Alasan Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT 

Ada beberapa alasan mengapa sehingga manusia memerlukan kitab Allah Swt, antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Pembeda yang Haq dan Batil

Manusia memerlukan kitab Allah Swt agar dapat mengetahui mana yang haq dan mana yang batil. Hal ini dijelaskan oleh Allah Swt dalam Surah Al-Baqarah ayat 185, yang artinya:
Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang benar dan yang batil. (QS. Al-Baqarah: 185)

2. Sebagai Petunjuk Bagi Manusia

Manusia juga memerlukan kitab Allah Swt untuk menjadi petunjuk bagi umat manusia. Allah Swt berfirman dalam Surah Al-Baqarah ayat 2, yang artinya:
Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (QS. Al-Baqarah: 2)

3. Sebagai Pedoman Hidup Tertinggi

Kitab Allah Swt berisi panduan atau pedoman hidup yang akan menunjukkan jalan kebenaran bagi seluruh umat manusia. Itulah sebabnya mengapa sehingga manusia memerlukan kitab Allah Swt.

4. Sebagai Pemberi Kabar Gembira / Peringatan

Manusia memerlukan kitab Allah Swt agar dapat mengetahui berita-berita gembira dari Allah Swt bagi orang yang beriman dan bertaqwa. Selain itu, kitab Allah juga akan memberi peringatan bagi orang yang melanggar perintah-Nya.

Kitab Allah Swt

Kitab yang pernah diturunkan Allah kepada para Rasul-Nya, antara lain sebagai berikut:
  1. Kitab Zabur, diturunkan kepada Nabi Daud AS
  2. Kitab Taurat, diturunkan kepada Nabi Musa AS
  3. Kitab Injil, diturunkan kepada Nabi Isa AS
  4. Kitab Al-Quran, diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw 
Demikianlah penjelasan tentang Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
[Jawaban] Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment