Learn Science With Ilmusiana

10+ Perilaku Orang yang Beriman Kepada Malaikat

Artikel ini berisi jawaban dari pertanyaan: "Sebutkan perilaku-perilaku orang yang beriman kepada malaikat". Pertanyaan ini merupakan salah satu bunyi soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SMP, pada bab Rukun Iman, khususnya iman kepada Malaikat.

perilaku orang yang beriman kepada malaikat

Beriman kepada malaikat artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah Swt menciptakan malaikat dengan segala sifatnya. Orang yang telah menyatakan beriman kepada malaikat pasti bisa tergambar dalam perilakunya sehari-hari. Imannya tersebut sejalan dengan pikiran, perkataan, dan perbuatannya. 

Di dalam Islam, meyakini adanya malaikat merupakan salah satu tiang penegak keislaman seseorang. Ia termasuk ke dalam enam rukun iman yang wajib diyakini oleh setiap muslim. Keenam rukun iman ini membentuk satu kesatuan utuh yang tak bisa dipisahkan.
Lantas, bagaimana seharusnya perilaku orang yang beriman kepada malaikat? Nah, berikut ini penjelasannya:

Perilaku Orang yang Beriman Kepada Malaikat

Berikut ini adalah beberapa contoh perilaku orang yang beriman kepada malaikat Allah Swt:

1. Selalu Berkata atau Berbicara Jujur

Orang yang beriman kepada malaikat tergambar dari perilakunya yang selalu berkata atau berbicara jujur. Sebab, dirinya meyakini bahwa ada malaikat pencatat amal yang mengawasi setiap perkataannya. Kejujuran akan berbuah pahala, sedangkan kebohongan pasti berbuah dosa. 

2. Taat Beribadah Kepada Allah

Orang yang beriman kepada malaikat senantiasa menjaga ketaatannya kepada Allah Swt. Ibadahnya bagus, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnah. Sebab, dirinya meyakini bahwa perbuatannya itu akan ditulis oleh malaikat di buku catatan amal sebagai bekal di akhirat nanti. 

3. Tidak Sombong Kepada Makhluk Lain

Orang yang beriman kepada malaikat akan jauh dari sifat sombong, salah satu sifat terlarang yang sangat dibenci Allah Swt. Dirinya menyadari kesombongan itu hanya akan berbuah dosa yang akan ditulis oleh malaikat di buku catatan dosa. 

4. Hanya Mencari Rezeki Halal

Orang yang beriman kepada malaikat hanya akan mencari rezeki yang halal. Ia meyakini bahwa ada malaikat yang ditugaskan Allah Swt untuk membagi rezeki tersebut (Malaikat Mikail). Ia tidak akan pernah tertarik dengan rezeki tidak halal dan tidak berkah.

5. Mensyukuri Nikmat yang Allah Berikan

Orang yang beriman kepada malaikat juga senantiasa bersyukur atas segala karunia nikmat yang diberikan Allah Swt. Ia percaya bahwa ada malaikat yang setiap hari melihat dirinya bersyukur kepada Allah. Hal itu akan tercatat sebagai pahala di sisi Allah Swt.

6. Menjauhi Perbuatan Maksiat

Orang yang beriman kepada malaikat juga tidak akan pernah berani melakukan perbuatan maksiat. Ia sadar bahwa perbuatan itu hanya akan berbuah dosa yang di catat oleh malaikat. Catatan itu hanya akan memberatkan dirinya di hari kemudian kelak.

7. Melawan Godaan Hawa Nafsu

Orang yang beriman kepada malaikat juga akan selalu melawan godaan hawa nafsu. Sifat dari hawa nafsu adalah merusak, oleh karena itu harus sebisa mungkin dilawan dan dijauhi. Malaikat adalah makhluk Allah yang tidak punya nafsu. Dengan meneladani sedikit sifat tersebut, maka orang beriman akan terjaga dari dosa.

8. Menjaga Silaturahmi dengan Sesama

Orang yang beriman kepada malaikat juga akan menjaga silaturahminya dengan sesama. Allah menyayangi orang-orang yang menjaga silaturahminya dengan sesama. Apalagi, jika silaturahmi tersebut dilakukan kepada saudara-saudara seiman, maka akan di catat oleh malaikat sebagai pahala di sisi Allah.

9. Suka Berbagi dengan Sesama

Orang yang beriman kepada malaikat juga suka berbagi dengan sesama. Ia tidak akan pernah lupa mengeluarkan zakat, infaq, dan sedekah. Sebab, ia sadar bahwa di dalam hartanya itu terdapat juga hak-hak orang-orang tidak mampu. Malaikat mencatat itu sebagai pahala.

10. Menjauhi Dosa Besar maupun Dosa Kecil

Orang yang beriman kepada malaikat sepenuhnya meyakini bahwa malaikat adalah makhluk Allah yang teliti dalam mencatat segala amal perbuatan. Baik amalan baik, maupun amalan buruk. Orang beriman akan senantiasa menjaga dirinya dari perbuatan dosa besar maupun dosa kecil.

Demikianlah penjelasan tentang Perilaku Orang yang Beriman Kepada Malaikat. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya.
10+ Perilaku Orang yang Beriman Kepada Malaikat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a comment