Learn Science With Ilmusiana

Fungsi Penting Kelopak Bunga

Advertisement by google

Advertisement by google

Bunga terdiri dari banyak bagian, mulai dari kelopak hingga batang. Materi kali ini, kamu akan mempelajari fungsi kelopak bunga (calyx). Sebelumnya, kamu pasti telah sering melihat bunga, baik itu di taman ataupun di pot bunga. Jika diperhatikan secara seksama, kamu akan melihat bahwa bunga terdiri dari banyak bagian, bagian tersebut adalah kelopak bunga yang tersusun dari beberapa sepal (helai kelopak)

Apa itu Kelopak Bunga?

Fungsi Penting Kelopak Bunga
Kelopak Bunga
Kelopak bunga (calyx) terdiri dari beberapa helai kelopak (sepal). Sepal adalah daun tanaman yang membentuk lingkaran di luar bunga. Sepal umumnya berwarna hijau, tetapi ada juga sepal yang berwarna lain. Jumlah helai kelopak pada suatu bunga tergantung kepada jenis spesiesnya. Secara umum, sepal disebut sebagai kelopak bunga. Sepal melekat langsung di bagian atas tanaman berbunga dengan berbagai bentuk dan ukuran. 

Beberapa jenis sepal berukuran panjang dan tipis, tetapi ada juga yang berukuran pendek dan tebal. Beberapa sepal terletak terpisah-pisah, namun ada juga yang menyatu bersama-sama membentuk formasi cangkir di sekitar kelopak bunga. 

Fungsi Kelopak Bunga

Fungsi utama kelopak bunga adalah untuk menutupi dan melindungi bunga yang belum siap, serta untuk menarik perhatian serangga agar membantu bunga untuk mekar. Ketika tanaman siap menghasilkan bunga, langkah pertama adalah pembentukan kelopak bunga. Kelopak tumbuh dari atas batang membentuk area tertutup yang sering disebut tunas. Kelopak bunga akan menutupi dan melindungi bagian-bagian bunga lainnya, seperti organ reproduksi (benang sari dan putik) di saat bunga belum mekar (masih kuncup). 
Selama masa pembentukan ini, kelopak bunga membentuk selubung pelindung untuk bunga dan menjaganya agar tidak mengering. Untuk diketahui, tidak semua bunga mempunyai kelopak. Selain itu, ada juga bunga yang mahkota dan kelopak bunganya sukar dibedakan, tampak menyatu, perhiasan bunga jenis ini disebut tepal (tenda bunga). 

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi Penting Kelopak Bunga, semoga bermanfaat.
Advertisement by google

0 komentar:

Post a Comment