Learn Science With Ilmusiana

2019+ Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok

Bisakah kamu berikan contoh bentuk interaksi antara individu dan kelompok? Dalam kehidupannya, manusia hidup sebagai seorang pribadi atau individu dan juga sebagai kelompok. Interaksi bisa terjadi antara satu individu dengan individu lainnya, atau antara individu dengan kelompok. Interaksi diperlukan karena manusia sadar bahwa dirinya adalah makhluk sosial yang membutuhkan kehadiran manusia lainnya.

Interaksi Individu dan Kelompok

Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok

Kebutuhan manusia lebih besar dibandingkan dengan kemampuannya. Itulah sebabnya mengapa interaksi menjadi sangat penting. Salah satu bentuk interaksi itu adalah interaksi antara individu dan kelompok. Selain itu bentuk interaksi lainnya adalah interaksi antarindividu dan interaksi antarkelompok. Semua bentuk interaksi ini akan menumbuhkan jalinan kerja sama, saling pengertian, dan saling membutuhkan untuk mewujudkan kehidupan bersama.

Lantas, seperti apa contohnya interaksi antara individu dan kelompok itu? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa contoh interaksi antara individu dan kelompok. Semoga setelah membaca uraian ini, pengetahuan pembaca semakin bertambah.

Yuk, berikut ini ulasannya...

Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok

Berikut ini adalah contoh interaksi antara individu dan kelompok:

1. Interaksi Pelatih Futsal dengan Pemainnya

Contoh interaksi antara individu dan kelompok adalah interaksi antara seorang pelatih futsal dan pemainnya. Saat akan menghadapi pertandingan, pelatif futsal akan menerangkan strategi bertanding, sedangkan para pemainnya akan mendengarkan sambil sesekali bertanya dan mengajukan usulan.

2. Interaksi Guru dengan Siswa di Kelas

Interaksi antara guru dengan siswanya di kelas juga termasuk ke dalam contoh interaksi antara individu dan kelompok. Sang guru setiap hari bertatap muka melakukan bimbingan kepada siswanya, sedangkan siswa juga memperhatikan semua materi yang diterangkan oleh guru, sambil sesekali bertanya tentang hal yang kurang dimengerti.

3. Interaksi Ketua OSIS dengan Pengurus OSIS

Contoh lainnya interaksi antara individu dan kelompok adalah interaksi yang terjadi antara ketua OSIS dengan pengurus OSIS lainnya. Saat akan melakukan kegiatan, ketua OSIS terlebih dahulu melakukan rapat dengan pengurus OSIS. Ketua OSIS akan memaparkan bentuk kegiatannya, sedangkan para pengurus ikut memberi saran atau usul terhadap ketua OSIS.

4. Interaksi Presiden dengan Para Menteri

Bentuk interaksi antara individu dan kelompok adalah interaksi Presiden dengan para menterinya. Untuk menjalankan pemerintahan, Presiden dibantuk oleh para menteri. Agar semuanya terlaksana dengan baik, Presiden harus menjabarkan dengan baik seluruh visi misinya agar bisa dipahami oleh Menteri. Para menteri juga akan melaporkan seluruh kegiatan yang telah dilakukannya.

5. Interaksi Ustadz dengan Jamaah Pengajian

Contoh interaksi antara individu dengan kelompok adalah interaksi yang dilakukan oleh seorang ustadz dengan jamaah pengajian majelis ta'lim. Sang ustadz akan menyampaikan seluruh materi ceramahnya, kemudian akan membuka sesi tanya jawab. Di sinilah akan terjadi interaksi antara ustadz dan jamaah pengajian.

6. Interaksi Pimpinan Perusahaan dengan Karyawannya

Selain itu, contoh selanjutnya adalah interaksi antara pimpinan perusahaan dengan karyawannya. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk interaksi antara individu dan kelompok. Untuk menjalankan perusahaannya, pimpinan perusahaan membutuhkan kehadiran karyawan. Agar perusahaan bisa berproduksi dengan baik, maka harus terjalin kerja sama antara pimpinan dan karyawan

Pola Interaksi Individu dan Kelompok

Pola Interaksi Individu dan Kelompok

Menurut seorang ahli Sosiologi yang bernama Harold Leavitt, ada empat pola ideal terkait dengan interaksi antara individu dan kelompok, yaitu pola lingkaran, pola huruf X, pola huruf Y, dan pola garis lurus.
  • Pola lingkaran: interaksi individu dan kelompok dalam pola ini menunjukkan adanya kebebasan dari setiap anggota untuk berhubungan dengan pihak manapun dalam kelompoknya, baik vertikal maupun horizontal
  • Pola Huruf X dan Y: interaksi individu dan kelompok menurut pola ini menunjukkan adanya batasan hubungan antaraanggota kelompok sebab hubungan harus dilakukan melalui birokrasi yang kaku
  • Pola Garis Lurus: interaksi individu dan kelompok menurut pola ini hampir sama dengan pola huruf X dan Y. Hubungan antaraanggota tidak dilakukan secara langsung, tetapi pihak yang menjadi mediator dalam hubungan tersebut bergantung pada setiap individu yang akan berhubungan. 
Demikianlah penjelasan tentang Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.
2019+ Contoh Interaksi Antara Individu dan Kelompok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Author Ilmusiana

0 komentar:

Post a Comment